Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 30 Jan 2022 13:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ini Kampung Karuhun, Wisata Alam Dekat Tol Cisumdawu

Nur Azis
detikTravel
Kampung Karuhun
Kampung Karuhun (Nur Azis/detikcom)
Sumedang -

Adanya Tol Cisumdawu digadang-gadang jadi kebangkitan sektor wisata di Kabupaten Sumedang. Salah satu obyek wisata di dekatnya adalah Kampung Karuhun.

Seperti yang dilakukan tempat wisata satu ini, yakni Kampung Karuhun. Tempat wisata yang berada di Desa Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan ini baru menambah sebuah wahana baru bernama Kurung Jiwa.

Owner wisata Kampung Karuhun, Nana Mulyana mengaku, keberadaan tol Cisundawu yang baru dibuka selama sepekan berpengaruh positif pada tingkat kunjungan wisatawan.

"Sumedang tidak lagi menjadi alternatif tapi menjadi tujuan wisata baik wisatwan dari Jakarta, Bandung, terutama Bandung Raya mereka datang ke Sumedang mengingat aksesibilitasnya saat ini," ungkap Nana kepada detikcom, Minggu (30/1/2022).

Dengan adanya jalan Tol Cisumdawu, lanjut Nana, Kampung Karuhun terus berupaya menciptakan sebuah destinasi wisata yang berkelanjutan. Di tahun 2022, Kampung Karuhun menghadirkan sebuah wahana baru atau tempat berswafoto bernama Kurung Jiwa.

Kampung KaruhunKampung Karuhun Foto: (Nur Azis/detikcom)

"Kurung Jiwa ini tempat selfie yang sangat natural berada di Sungai Cihonje, tidak hanya berselfie tapi para pengunjung pun bisa makan dan bisa ngopi di samping sungai dengan gemericik air dan hembusan anginnya yang sejuk," terang Nana.

Seperti diketahui, aliran sungai Cihonje yang masih jernih airnya ditambah pemandangan hutan yang masih alami menjadi daya tarik tersendiri bagi objek wisata satu ini.

Belum lagi ditambah, sejumlah spot foto, tempat bermain anak, kolam renang, restoran dan sarana lain yang menjadikan lokasi wisata ini layak masuk dalam bucket-list saat akan berlibur bersama keluarga.

"Pasca dibukanya tol Cisumdawu, banyak warga Bandung yang awalnya ragu masuk Sumedang, karena mereka harus melewati Jatinangor dan Tanjungsari yang mana diketahui crwdednya seperti apa tapi begitu dibuka (tol Cisumdawu) mereka saling mengabarkan di sosmed bahwa mereka bisa piknik ke Sumedang (lewat tol Cisumdawu)," terang Nana.

Kampung KaruhunKampung Karuhun Foto: (Nur Azis/detikcom)

Salah satu wisatawan asal Bandung Ima mengaku, Kampung Karuhun yang memiliki konsep wisata alam cukup rekomen menjadi destinasi wisata pilihan untuk mengisi waktu libur bersama keluarga.

"Keunikan Kampung Karuhun, selain sarana-sarana yang ada, juga dengan adanya aliran sungai yang masih jernih dan pemandangan hutan alami sehingga nyaman dan enak suasananya," ungkapnya.

Ima yang datang bersama keluarganya, selain dari media sosial, keberadaan Kampung Karuhun diketahuinya dari cerita-cerita temannya.

"Iya teman juga cerita katanya bagus buat wisata keluarga, ya kita coba datang pas libur ini, dan ternyata memang benar," ujarnya.

Simak juga 'Tol Cisumdawu Seksi 1 Gratis 2 Minggu!':

[Gambas:Video 20detik]



(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA