Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 05 Feb 2022 16:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ada yang Baru di Alun-alun Kota Sukabumi

Siti Fatimah
detikTravel
Titik Juara di Alun-alun Kota Sukabumi
Titik Juara di Alun-alun Kota Sukabumi (Foto: Siti Fatimah/detikcom)
Sukabumi -

Kawasan terintegrasi Alun-alun dan Lapang Merdeka semakin cantik. Kini hadir jajaran kuliner dan gerai UMKM buatan lokal. Food court dan gerai UMKM tersebut diberi nama Titik Juara.

Titik Juara ini membuat kawasan Lapang Merdeka lebih berwarna. Pengunjung yang datang bisa menikmati berbagai sajian makanan yang ada dengan suasana pusat kota dan Lapang Merdeka.

Di sana ada delapan gerai makanan seperti ayam soto cetar, mie leor, pentol, burger bageur dan beberapa minuman misalnya kopi merdeka, happy boba, ice pose Sukabumi dan gerobak abelito. Satu kios lagi khusus untuk gerai UMKM Jabar Juara yang berisi hasil karya seperti batik, tas anyaman, keripik dari dedaunan dan lain-lain.

Titik Juara ini baru dibuka dan diresmikan oleh Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi. Dia mengatakan, Titik Juara menjadi salah satu upaya bersama untuk memulihkan ekonomi para UMKM setelah terdampak pandemi COVID-19.

"Ini dalam rangka kita merecovery ekonomi. Penyediaan gerai ini adalah salah satu wujud bagaimana pemerintah Kota Sukabumi berkomitmen kerjasama bersama pemerintah provinsi dan juga pelaku UMKM sehingga mudah-mudahan UMKM Kota Sukabumi bangkit, kuat dan sehat dalam menghadapi pandemi ini," kata Fahmi di lokasi, Sabtu (5/2/2022).

Titik Juara di Alun-alun Kota SukabumiTitik Juara di Alun-alun Kota Sukabumi (Foto: Siti Fatimah/detikcom)

Koordinator UMKM Juara Kota Sukabumi, Sri Puji Rahayu mengatakan, Titik Juara nantinya akan menjadi home central para UMKM yang ada di Kota Sukabumi. Menurutnya, dengan adanya Titik Juara ini para UMKM dapat naik kelas dan mandiri.

Dia mengatakan, sebelum Titik Juara dibuka pihaknya lebih dulu melakukan seleksi. Setidaknya ada 360 UMKM yang berebut untuk menjadi bagian Titik Juara.

"Ada seleksi, pertama dari legalitas. Setiap UMKM yang mengisi ini harus ada legalitasnya seperti hygiene, MIB nya, legalitas perdagangannya, itu kita kurasi mana yang sekiranya pantas," kata Puji.

Dia mengatakan, Titik Juara akan membantu para UMKM untuk memperoleh pasar dan melakukan marketing hingga mendapatkan permodalan untuk kelanjutan usahanya. Tak hanya lokasinya yang strategis, Titik Juara juga mendapatkan dukungan dari Pemerintah Kota Sukabumi dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Titik Juara di Alun-alun Kota SukabumiTitik Juara di Alun-alun Kota Sukabumi (Foto: Siti Fatimah/detikcom)

"Nantinya para pelaku UMKM bisa mendapatkan kemudahan-kemudahan. Kita beri pendampingan untuk mereka mendapatkan legalitas misalnya, atau mengikuti pelatihan yang berbayar kita bantu agar mendapatkan pelatihan secara free," ujarnya.

Ke depan, Titik Juara ini akan diperluas dengan berbagai jenis UMKM unggulan yang ada di Kota Sukabumi, khususnya kuliner tradisional.

Tertarik untuk berkunjung? Titik Juara buka setiap hari dengan jam operasional dari pukul 09.00 WIB sampai 20.00 WIB. Tetap patuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan mencuci tangan di tempat yang sudah disediakan.



Simak Video "Dramatis! Detik-detik Evakuasi Warga Tertimbun Longsor di Sukabumi"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA