Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 18 Feb 2022 15:40 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

5 Wisata Alam Sejuk di Bandung Barat, Bisa Buat Liburan Akhir Pekan

Tim detikcom
detikTravel
Orchid Forest Cikole Lembang
Foto: Grafika Cikole Lembang (Rafida Fauzia/detikcom)
Jakarta -

Bandung Barat punya banyak destinasi sejuk buat dikunjungi traveler akhir pekan ini. Dari air terjun sampai camping ground ada. Apa saja ya?

Dikumpulkan detikTravel, Jumat (18/2/2022) berikut 5 destinasi sejuk di Bandung Barat buat dikunjungi di akhir pekan:

1. Geger Bintang Matahari

Panorama alam yang indah untuk berkemah bisa juga traveler dapat di Gunung Putri. Salah satu Camping Ground Instagramable yaitu Geger Bintang Matahari

Geger Bintang Matahari yang berada di ketinggian 1587 mdpl menampakkan city view pada siang hari dan city light pada malam hari. Di sini pun traveler bisa menikmati sunrise hingga sunset!

Lokasinya berada di Jalan Gunung Putri No 184, Jayagiri, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat.

2. Grafika Cikole Lembang

Grafika Cikole berada di area perbukitan seluas 9 hektare dan berada di atas ketinggian 1.400 mdpl. Begitu indah Grafika Cikole juga dikelilingi kawasan Wisata Hutan Pinus yang lebat.

Berlokasi di Jalan Raya Tangkuban Perahu Km 8, Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, pada siang hari suhu udara di wisata ini 20 derajat celsius, sedangkan pada malam hari berkisar 5 derajat celsius!

Pengalaman seru yang bisa traveler dapatkan di antaranya outbond, penginapan berupa hotel, pondokan dengan eksterior kayu dan Camping Ground juga tempat makan seperti restoran, pendopo hutan, aula bambu hingga saung lesehan.

3. Air Terjun Pelangi

Curug cimahiCurug cimahi Foto: Whisnu Pradana

Curug Cimahi atau biasa disebut Air terjun pelangi memiliki ketinggian 87 meter. Disebut pelangi karena air terjunnya diterangi dengan lampu berwarna-warni.

Lokasinya bukan di Cimahi tapi berada di Jalan Natsuri, Kertawangi, Cisarua. Namun aliran airnya berasal dari sungai Cimahi yang mengaliri curug lainnya seperti Curug Bugbrug yang berada tak jauh dari Curug Cimahi.

Di kawasan Curug Cimahi, traveler bisa melihat keberadaan ratusan ekor monyet di sekitar air terjun. Namun tak perlu khawatir, karena monyet-monyetnya sudah jinak.

4. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban PerahuGunung Tangkuban Perahu Foto: Irpan Rispandi/d'Traveler

Siapa yang belum pernah ke Tangkuban Perahu? Wisata hits di Lembang, Bandung barat ini memiliki ketinggian 2.084 meter. Uniknya, Tangkuban Perahu menyimpan legenda Sangkuriang dan Dayang Sumbi.

Daya tarik Tangkuban Perahu terletak pada Kawah Ratu yang memiliki luas sekitar 8.000 hektare. Traveler seakan diajak melihat sebuah mangkok raksasa dengan lekukan dinding dan dasar kawah yang terlihat jelas.

Tangkuban perahu berjarak sekitar 20 km menuju ke arah utara Kota Bandung. Hawa di wisata alam ini begitu dingin, karena tak jarang kabut tebal turun.

5. Taman Lembah Dewata

Traveler pecinta wisata alam dan spot instagramable bisa mengunjungi Taman Lembah Dewata. Lokasinya berada di Jalan Raya Tangkuban Perahu KM 3,7 Cibogo, Lembang, Bandung Barat.

Spot menariknya ada di Danau Tadah Hujan. Tapi pemandangan bukit dan gunung-gunungnya pun begitu mempesona.

Nah, aktivitas lain selain foto-foto yang bisa traveler lakukan di antaranya berkuda mengelilingi danau. Ada pula becak kecil atau kereta api dewata express.



Simak Video "Detik-detik Warga Evakuasi ART yang Disiksa di Bandung Barat"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
dMentor
×
Awas! Gelombang Ganas PHK
Awas! Gelombang Ganas PHK Selengkapnya