Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 20 Feb 2022 08:42 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Tugu Marlin Ikon Pangandaran, Ini Maknanya

Tugu Marlin Pangandaran
Landmark Pangandaran Tugu Marlin (Aldi Nur Fadillah/detikcom)
Pangandaran -

Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat memiliki landmark Tugu Marlin atau Bundaran Marlin. Sebagai tanda wisatawan atau pengunjung sudah sampai di Pangandaran.

Ada dua lokasi Tugu Marlin di Kabupaten Pangandaran. Lokasi pertama ada di depan Kantor Kecamatan Cijulang, sedangkan yang kedua berada di depan Masjid Besar Al-Istiqomah Pangandaran atau tengah-tengah jalur semua kendaraan dari mulai mobil ataupun motor masuk ke Pangandaran.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran Tonton Guntari mengatakan makna yang terkandung dalam ikon Pangandaran ikan Blue Marlin itu.

"Ikan tersebut memiliki karakter yang sangat lincah, senang lompat ke udara dan begitu atraktif, mandiri di tempat habitatnya," kata Tonton belum lama ini.

"Gambaran dari sosok ikan malrin ini menjadi penanda bahwa Kabupaten Pangandaran yang genap memasuki 10 tahun, usia muda yang bisa mengimbangi Kabupaten/Kota lainnya di Jawa Barat, bahkan Indonesia," dia menjelaskan.

Selain itu, mandiri yang dilihatkan ikan marlin dimaknai dengan proses pembangunan Pangandaran yang tidak mengandalkan wilayah induknya yakni, Kabupaten Ciamis.

Adapun semboyan yang diciptakan Kabupaten Pangandaran adalah "Jaya Karsa Makarya Praja" dengan arti yang sangat mendalam.

Kata Jaya adalah simbol kemenangan atau keunggulan, Karsa adalah ide atau daya cipta yang selalu unggul dan sukses dalam pembangunan.

Kemudian Makarya adalah mendirikan, membangun, mengerjakan pekerjaan dengan hasil yang menakjubkan dan megah. Sementara Praja artinya pembangunan Kabupaten Pangandaran terlahir dari ide-ide dan aspirasi masyarakat Pangandaran itu sendiri.

"Jika disimpulkan dalam sebuah kalimat indah maka, Jaya Karsa Makarya Praja artinya unggul dalam pemikiran demi menciptakan pemerintahan yang kuat," dia menegaskan.

Selain menjadi ikon kebesaran Kabupaten Pangandaran, tak sedikit warga dan wisatawan yang sengaja menjadikan Tugu Marlin sebagai lokasi selfie dan spot foto di sana.



Simak Video "Akses Diperketat! Wisatawan Pangandaran Wajib Tunjukkan Bukti Vaksinasi"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA