Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 26 Feb 2022 09:47 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Liburan ke Kebun Binatang Surabaya? Ketahui 6 Hal Berikut!

Tim detikcom
detikTravel
Pengunjung Kebun Binatang Surabaya (KBS) saat Liburan Tahun Baru 2022
Foto: Kebun Binatang Surabaya (Esti Widiyana/detikcom)
Jakarta -

Kebun Binatang Surabaya menjadi wisata yang dikenal se Asia Tenggara. Destinasi ini dikenal sebagai tempat wisata yang murah meriah.

Tempat wisata alternatif yang layak, terjangkau serta menawarkan berbagai pilihan rekreasi bagi berbagai kalangan ini sempat disorot media dalam dan luar negeri, sebab kondisinya yang sangat meprihatinkan. Apalagim banyak hewan yang mati secara berturut-turut pada akhir 2013-pertengahan 2014.

Kondisi tersebut disebut diakibatkan oleh konfil kepengurusan yang berkepanjangan. Tapi kini, perbaikan demi perbaikan telah dilakukan. Tak hanya kebersihan dan kesejahteraan hewan, program-program pun diciptakan untuk sarana edukasi bagi wisata.

Berikut 6 Hal yang Harus Traveler Ketahui sebelum ke Kebun Binatang Surabaya:

1. KBS Buka pukul 08.00-16.00 WIB

Bagi wisatawan yang ingin ke KBS bisa parkir di dalam KBS atau Intermoda Joyoboyo. Pengunjung diimbau parkir di tempat resmi agar kendaraan aman dan nyaman. Tempat wisata ini buka dari pukul 08.00-16.00 WIB.

2. Harga tiket dibanderol Rp 16 ribu

Harga tiket ini tergolong sangat murah, yaitu Rp 16 ribu. Tiket juga gratis bagi anak-anak dengan ketinggian badan di bawah 85 cm. Dengan harga murah, wisatawan bisa berfoto sepuasnya dan berkeliling hampir ke seluruh wahana wisata Kebun Binatang Surabaya.

3. Ada Sarana Rekreasi Menarik

Beberapa sarana rekreasi menarik ada di KBS. Mulai dari naik gajah, naik unta, flying fox dan outbound. Sarana tersebut bisa ditemukan saat berkunjung ke KBS. Tiketnya sekitar 10 ribu.

4. KBS di Jalan Setail, Darmo, Wonokromo

Berada di jantung Kota Surabaya, KBS bisa dijangkau dengan mudah. Apalagi depan KBS ada patung Sura dan Buaya serta taman yang mengelilinginya. Tepatnya berada di Jalan Setail, Darmo, Wonokromo.

5. Tempat Bersejarah

KBS resmi didirikan di Kaliondo, kawasan Kapasan Surabaya tahun 1916 berdasarkan SK Gubernur Jenderal Hindia Belanda. Lalu direlokasi ke Jalan Groedo pada 1917.

Pada tahun 1920, KBS dipindah ke Jalan Darmo dan dibuka untuk umum tahun 1939. Sementara, pada tahun 1927, Wali Kota Surabaya saat itu membeli lahan 32.000 m persegi untuk perluasan area tersebut. Tak heran dikenal sebagai salah satu tempat wisata tertua dan paling bersejarah.

6. KBS sebagai tempat edukasi

KBS sebagai sarana pendidikan yang mengandung muatan pengembangan ilmu pengetahuan, menanamkan rasa cinta dan peduli terhadap satwa, flora dan lingkungan sejak dini ke masyarakat melalui berbagai program edukasi non formal.



Simak Video "Pengunjung Kebun Binatang Surabaya Membeludak!"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA