Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 04 Mar 2022 20:31 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

5 Tempat Kemah Terbaik di Bromo via Pasuruan

Muhajir Arifin
detikTravel
5 rekomendasi tempat kemah di Bromo
Tempat kemping di Bromo (Foto: Muhajir Arifin/detikcom)
Jakarta -

Gunung Bromo mempunyai begitu banyak destinasi. Jika Anda berkunjung ke Bromo lewat Pasuruan, cobalah untuk kemping di sini.

Jadi, tidak ada salahnya mampir ke tempat-tempat wisata alam di kawasan Puspo dan Tosari. Di sepanjang jalur ini, terdapat destinasi wisata antara lain Red Flower, Bromo Nature, Bromo Forest, Eco Kopi, hingga Perkemahan Podokoyo.

Lokasi-lokasi ini menyediakan camping ground dengan pemandangan alam yang indah. Pengunjung bisa berkemah dan menginap di tempat ini sebelum ke Bromo atau setelah puas berwisata di destinasi kelas internasional tersebut.

Jika tidak menginap, pengunjung bisa sekadar menikmati sajian makan dan minum di tengah hutan yang sejuk. Berikut 5 rekomendasi tempat kemah yang instagramable di lereng Gunung Bromo:

5 rekomendasi tempat kemah di BromoTempat kemping Red Flower di Bromo (Foto: Muhajir Arifin/detikcom)

1. Red Flower

Red Flower berada di Puspo, Pasuruan. Lokasinya mudah dijangkau karena di tepi jalan. Tempat ini menyediakan camping ground sekaligus peralatan berkemah, antara lain listrik hingga api unggun. Tempat ini juga mengizinkan pengunjung membawa peralatan kemah sendiri.

Jika mau menikmati keseruan outbond, pengunjung akan diajak ke perkampungan dengan pemandangan hutan pinus. Pengelola juga menyediakan fasilitas jika pengunjung ingin belajar memeras susu sapi.

"Selama ini yang kemah dan outbound warga luar kota seperti Surabaya, Sidoarjo dan lainnya. Mereka rata-rata ingin menikmati udara sejuk," kata Widodo, pengelola Red Flower.

Di tempat ini juga terdapat spot berfoto dengan pemandangan perbukitan dan Gunung Arjuno di kejauhan. Dijamin pasti bikin fotomu tambah ciamik!

5 rekomendasi tempat kemah di BromoTempat kemping Bromo Forest (Foto: Muhajir Arifin/detikcom)

2. Bromo Forest

Jika melanjutkan kendaraan lebih naik ke arah Gunung Bromo, pengunjung bisa mencoba datang ke Bromo Forest. Bromo Forest berada di Desa Balaidono, Kecamatan Tosari, Pasuruan. Namun, lokasinya mudah ditemukan karena berada di tepi jalan.

Tempat ini memiliki camping ground yang sering dikunjungi warga luar kota. Pengunjung yang ingin berkemah harus membawa peralatan sendiri. Karena pengelola tidak menyediakan tenda.

Selain tempat berkemah, pengelola menyiapkan berbagai kebutuhan pengunjung, seperti air dan listrik. Pemandangan yang ditawarkan selain suasana perbukitan dan sunrise, juga lampu perkotaan saat malam hingga panorama laut.

3. Eco Kopi

Tempat ini juga berada di Desa Balaidono, Kecamatan Tosari, Pasuruan. Lokasinya berada di pinggir jalan dan mudah dijangkau. Tempat ini menyediakan camping ground sekaligus home stay. Namun pengelola tidak menyediakan peralatan kemah.

Sama seperti tempat wisata lainnya, yang diandalkan di Eco Kopi juga suasana alam yang sejuk dan ketenangan alam pegunungan. Pengunjung tempat ini juga banyak dari luar kota.

5 rekomendasi tempat kemah di BromoTempat kemping Bromo Nature (Foto: Muhajir Arifin/detikcom)

4. Bromo Nature

Bromo Nature terletak di tengah perkebunan warga di Desa Balaidono, Kecamatan Tosari, Pasuruan. Tempat ini juga memiliki camping ground dan menyiapkan tenda bagi pengunjung yang ingin menginap.

Meskipun berada di tengah perkebunan, fasilitas camping ground terbilang cukup lengkap. Ada toilet, lampu hingga restoran. Pengunjung bisa mengelilingi perkebunan sampai memetik sayuran. Di sini, pengunjung bisa menikmati sunset dan sunrise.

5. Camping Ground Podokoyo

Terakhir, ada Camping Ground Podokoyo yang juga menarik untuk dikunjungi. Camat Tosari, Edy Prianto mengatakan, daerahnya memang cocok digunakan untuk wisata camping ground. Selain keindahan alamnya, masyarakat sekitar juga ramah sehingga pengunjung bisa berbaur dengan nyaman.

"Wisata camping ground juga ada di Desa Podokoyo. Wisata ini juga memuat konsep alam. View yang ditawarkan sama yakni keindahan alam dari ketinggian," kata Edy.

***

Artikel ini telah tayang di detikJatim. Untuk informasi dan berita seputar Surabaya, Malang, dan daerah-daerah lain di Jatim, klik di sini.



Simak Video "Serunya Kemping Mewah dengan Campervan, Serasa Jadi Sultan!"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA