Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 06 Mar 2022 13:28 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Destinasi Wisata Dieng Terletak di 2 Kabupaten, Sudah Tahu?

Uje Hartono
detikTravel
Kawah Sikidang merupakan salah satu tujuan wisata favorit di dataran tinggi Dieng yang selalu ramai dikunjungi wisatawan terutama saat musim libur panjang.
Wisata Dieng. Foto: Grandyos Zafna
Banjarnegara -

Kawasan wisata dataran tinggi Dieng masih menjadi primadona bagi wisatawan. Tidak hanya panorama alam, namun juga peninggalan sejarah dan budaya yang membuat wisatawan penasaran.

Namun, rupanya kawasan wisata Dieng berada di dua kabupaten di Jawa Tengah. Yakni bagian barat berada di Kabupaten Banjarnegara dan bagian timur berada di Kabupaten Wonosobo.

Baik di Banjarnegara maupun Wonosobo masing-masing memiliki objek wisata unggulan. Di Banjarnegara, terdapat objek wisata kompleks Candi Arjuna dan Kawah Sikidang.

"Untuk objek wisata yang masuk di wilayah Banjarnegara ada banyak. Seperti Kawah Sikidang dan Candi Arjuna yang berada di Desa Dieng Kulon Kecamatan Batur, Banjarnegara," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dieng Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banjarnegara Sri Utami, saat dihubungi detikJateng, Kamis (3/3/2022).

Selain dua objek tersebut, ada Telaga Merdada di Desa Karangtengah, dan di Desa Pekasiran terdapat objek wisata Sumur Jalatunda, Kawah Candradimuka dan Telaga Dringo.

"Kalau Telaga Merdada dan Telaga Dringo wisatawan dapat menikmati pemandangan. Sedangkan di Sumur Jalatunda itu ada mitos melempar batu jika sampai di tebing akan tercapai keinginannya," terangnya.

Selain itu, juga terdapat objek wisata Kawah Sileri, Air Panas Bitingan, Dqiano Water Park, Bukit Pangonan, Bukit Sipandu, Tol Kayangan dan Museum Kailasa.

"Jarak objek wisata satu dengan yang lainnya memang ada yang beda desa. Makanya sekarang ada wisata jip yang bisa digunakan wisatawan untuk mengunjungi dari objek satu ke objek wisata lainnya," jelasnya.

Sementara itu, Dieng di wilayah Kabupaten Wonosobo juga terdapat objek wisata unggulan. Seperti Telaga Merdada dan Sikunir.

"Sikunir ini berada di Desa Sembungan Kecamatan Kejajar. Ada sunrise dan bisa untuk camp. Untuk telaga warna, ini berada di Wonosobo, hanya pengelola dari BKSDA provinsi," kata Kabid Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Wonosobo Fatonah, saat dihubungi detikJateng, Kamis (3/3/2022).

Selain itu, di objek wisata dataran tinggi Dieng yang berada di Kabupaten Wonosobo adalah Batu Angkruk di Desa Tieng Kecamatan Kejajar, dan Bukit Awan Sikapuk di Desa Parikesit Kecamatan Kejajar.

"Ada Batu Angkruk dan Bukit Awan Sikapuk. Wisatawan bisa melihat sunrise dan spot selfie," terangnya.

Di Kabupaten Wonosobo, wisatawan Dieng juga bisa ke Tuk Bima Lukar yang merupakan cagar budaya dan mata air Sungai Serayu. Wisatawan juga bisa melihat film terkait sejarah Dieng di Dieng Plateau Theater.

"Ada film yang menceritakan sejarah Dieng, wisatawan juga bisa ke Batu Ratapan Angin. Itu pemandangannya bagus bisa melihat Telaga Warna, dan Curug Sikarim di Desa Sembungan. Pemandangannya juga bagus," ujarnya.

Artikel ini sudah tayang di detikJateng. Untuk mendapatkan informasi seputar Jawa Tengah, D.I Yogyakarta dan sekitarnya, kunjungi tautan ini.



Simak Video "Panorama Indah Dataran Tinggi Dieng Wonosobo"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA