Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 06 Mar 2022 14:57 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ngopi di Atas Awan juga Bisa Dinikmati di Karawang

Saung Koffie Hideung Karawang
Foto: Yuda Febrian Silitonga
Karawang -

Sejuk dan mempesona, mungkin perasaan itu cocok diungkapkan saat berkunjung ke Saung Koffie Hideung yang menawarkan keindahan Karawang dari atas awan.

Saung Koffie Hideung berada di ketinggian 620 meter di atas permukaan laut (Mdpl) ini berlokasi di kaki gunung Sanggabuana, Kecamatan Tegalwaru, Karawang.

Untuk menuju ke lokasi tersebut, para travellers perlu mempersiapkan kendaraan yang sehat dan tentunya ahli dalam tanjakan karena rute jalan cukup terjal dan curam.

Saung Koffie Hideung ini kurang lebih berjarak 25 kilometer dari Karawang kota atau menempuh waktu kurang lebih 1,5 jam. Dalam perjalanan para travellers juga akan disuguhkan pesona keindahan alam dan tentunya diiringi kesejukan.

Pemilik Saung Koffi Hideung H Riki mengungkapkan destinasi yang dibuatnya itu baru dua bulan berdiri dan masih dalam pengembangan.

"Jadi soft launching itu pada Desember 2021 dan kini masih terus dalam pengembangan," ucap Riki saat ditemui di Saung Koffie Hideung, Sabtu (5/3/2022).

Di destinasi yang memanfaatkan keindahan alam ini, tentunya para travellers akan disuguhkan keindahan pesona alamnya. Selain itu, bagi penikmat kuliner, lokasi ini akan tawarkan sensasi yang berbeda saat menyantap sajian yang dipesan.

"Tentunya, bukan sekadar pesona alamnya, kami di sini pun menawarkan hal berbeda saat menyantap masakan khas sunda dari atas awan ini," ucap Riki kembali.

Selain makanan berat yang dihadirkan, H Riki juga memperkenalkan kopi khas Karawang yakni kopi robusta Sanggabuana.

"Selain makanan, tentunya kami kenalkan produk utama kami yakni kopi asli Karawang, kopi robusta Sanggabuana, atau koffie hideung Sanggabuana," katanya.

Di luas lahan 1.2 hektar ini, Saung Koffie Hideung memiliki banyak spot instagramable dan menyediakan berbagai fasilitas.

"Jadi spot selfie banyak banget, berbagai sudut cocok dijadikan point of view buat foto, terus juga ada 4 kamar penginapan, mushala, tempat ground camping, free wifi terus area makan yang bermacam-macam sementara buat meeting room tengah dibangun dan banyak lagi lainnya yang tengah dalam pengembangan," tuturnya.

Saung Koffie Hideung KarawangSaung Koffie Hideung Karawang. Foto: Yuda Febrian Silitonga

Saat mencoba menikmati penginapannya, setiap kamar telah disedikan berbagai peralatan sekelas hotel berbintang, dan saat membuka pintu keluar kamar para travellers akan disuguhkan pemandangan perbukitan di kawasan pegunungan Sanggabuana.

Adapun price list untuk menikmati penginapannya yaitu untuk Weekday 500 ribu dan Weekend 600 ribu per malam, sudah termasuk Snack, kopi asli Karawang, makan pagi untuk 2 orang.

Tarif kemah per tenda 4 orang dihargai 150 ribu, tenda 8 orang 300 ribu, dan sewa matras 10 ribu, bantal 5 ribu, dan lampu tenda 20 ribu. Ada juga paket untuk berkemah secara menyeluruh itu untuk tenda 4 orang dihargai 500 ribu dan tenda 8 orang itu sejuta per hari termasuk kopi, snack dan sarapan.

Destinasi ini buka dari jam 10 pagi, untuk weekend tutup jam 12 malam dan weekday jam 10 malam.

H Riki juga mengisahkan awal membentuk Saung Koffie Hideung bermaksud untuk mengembangkan pertanian kopi asli Karawang.

"Awalnya berdiri itu tidak terlepas dari komitmen saya untuk pertanian kopi hideung pada 2020. Jadi tempat ini bagian daripada pemasaran kopi Karawang dan pengembangan ekonomi wilayah sekitar, oleh karenanya yang bekerja di sini mayoritas warga di sini," tandasnya.

Jadi, buat para travelers, destinasi ini recommended banget buat wisata dan menikmati healing di sela kesibukan.

Artikel ini sudah tayang di detikJabar. Untuk mendapatkan informasi seputar Bandung dan sekitarnya, silakan kunjungi tautan ini.



Simak Video "Suasana Ngabuburit di Alun-alun Ciamis, Sambil Berburu Takjil"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA