Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 13 Mar 2022 09:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Si Ulil, Mini Roller Coaster Penuh Kenangan di Bandung

Rifat Alhamidi
detikTravel
Wahana permainan anak Si Ulil di Bandung.
Si Ulil (Wisma Putra)
Jakarta -

Bandung punya sejuta atraksi yang menarik untuk berwisata. Salah satunya, mini roller coaster fenomenal ini.

Berkunjung ke King's Shopping Center, Kota Bandung bersama keluarga rasanya tak lengkap jika tak mencicipi wahana bermain anak bernama 'Si Ulil'.

Ya, wahana ini dulunya begitu fenomenal hingga banyak diburu untuk sekedar menghabiskan waktu di akhir pekan.

Bagi warga Kota Bandung yang lahir pada medio tahun 80-90an, nama 'Si Ulil' tentunya sudah amat familiar. Mini roller coaster berbentuk ulat berwarna hijau itu memiliki kenangan yang begitu membekas hingga sekarang.

Beberapa hari yang lalu, detikJabar turut melihat langsung wahana fenomenal bagi warga Kota Bandung ini. Sekilas, tak ada yang berbeda dari tampilan 'Si Ulil' sekarang dan dulu. Hanya warna catnya saja yang sekarang terlihat lebih fresh dipandang mata.

Wahana permainan anak 'Si Ulil'' di Bandung.Wahana permainan anak 'Si Ulil'' di Bandung. Foto: Wisma Putra

'Si Ulil' berada di lantai enam King's Shopping Center Bandung, tepatnya di area Kings Fun World. Karena sudah begitu ikonik dan fenomenal, keberadaannya takkan sulit dicari meski berada di tengah-tengah wahana bermain anak yang lain.

"Udah lama roller coaster ini disebutnya pake nama 'Si Ulil' sama orang Bandung. Akhirnya sampe sekarang lebih familiarnya dengan nama itu," kata Peter Sitompul, Supervisor Kings Fun World saat berbincang dengan detikJabar.

Sejak pertama kali wahana bermain anak ini dibuka, tampilan 'Si Ulil' tak pernah berubah. Dia berbentuk roller coaster mini yang mirip dengan ulat bulu dan memiliki lintasan memutar yang hanya bisa dinaiki oleh enam penumpang saja.

Tapi yang uniknya, pengelola merias wajah 'Si Ulil' dengan tampilan tak biasa. Bagian kepala dibuat sedikit lebih besar di banding bagian tubuhnya, lengkap dengan satu buah gigi di bagian bawah mulut 'Si Ulil'.

Wajah 'Si Ulil' pun dibuat seperti tengah tersenyum lebar. Ditambah hidung besar berwarna merah menegaskan wahana ini begitu lucu dan menggemaskan untuk permainan anak-anak.

"Bisa dibilang ini salah satu maskot orang Bandung juga. Soalnya orang-orang yang sekarang udah dewasa, pasti rata-rata udah tahu sama 'Si Ulil' karena dulunya pernah ngerasain naik 'Si Ulil," ucap Peter.

Menurut Peter, pengunjung yang datang dan menikmati 'Si Ulil' saat ini didominasi warga yang ingin bernostalgia dengan wahana mini roller coaster itu. Mereka tentunya sudah tak muda lagi, tapi karena punya kenangan dengan 'Si Ulil, akhirnya mereka datang sembari memboyong anak ataupun keluarganya yang masih kecil.

"Rata-rata begitu bilangnya. Pasti pada ngomongnya dulu saya pernah dibawa sama orang tua saya naik 'Si Ulil', terus sekarang udah punya anak sekalian ke sini lagi buat nostalgia. Makanya yang datang itu mereka yang udah pernah nyobain terus kangen pengen naik lagi," ucapnya.

Untuk bisa menikmati wahana 'Si Ulil', pengelola mematok tarif Rp 15 ribu selama lima putaran. Dengan trak yang sedikit menanjak lalu meluncur turun dan berkelok, kita akan dibawa merasakan sensasi deg-degan saat menaikinya. Harga ini pun sudah mengalami penyesuaian, dan tentunya takkan menguras isi kantong kita.



Simak Video "Mengintip Inovasi yang Bikin Barbershop di Bandung Laris Manis"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA