Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 16 Mar 2022 23:16 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

7 Pantai di Gunungkidul yang Pas buat Healing

Femi Diah
detikTravel
Wisatawan bermain air di kawasan Pantai Baron, Tanjungsari, Gunungkidul, DI Yogyakarta, Senin (7/6/2021). Destinasi wisata yang menawarkan pemandangan pantai dan kuliner makanan laut tersebut masih menjadi destinasi andalan di Gunungkidul. ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/rwa.
Wisata Pantai Baron (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)
Jakarta -

Gunungkidul dijuluki kawasan dengan 1001 pantai. Ini nih tujuh pantai di Gunungkidul yang dinilai pas buat healing-mu.

Yogyakarta menawarkan berjuta ragam wisata. Mulai dari wisata alam, budaya, kuliner, sejarah hingga pendidikan. Penginapan dengan rentang harga juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang melancong ke kota budaya itu.

Wisata alam yang menjadi primadona Yogyakarta adalah wisata pantai. Di antaranya pantai-pantai yang tersebar di Gunungkidul.

Berikut tujuh pantai di Gunungkidul yang pas buat healing rekomendasi dari @lostpacker:

1. Pantai Jungwok

pantaiPantai Jungwok di Gunungkidul (Martha Simandjuntak/d'Traveler)

Pantai Jungwok berada di Desa Jepitu, Girisubo, Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai ini cukup unik dengan garis pantainya yang berbentuk melengkung bak bulan sabit.

2. Pantai Indrayanti

Pantai IndrayantiPantai Indrayanti (anissantosoo/d'Traveler)

Pantai Indrayanti memiliki hamparan pasir putih dan laut biru serta bukit hijau di sekelilingnya.

Nama Indrayanti diambil dari gabungan nama dari pasangan suami istri pemilik rumah makan di sekitar pantai tersebut, yaitu Bapak Indra dan Ibu Yanti. Mereka lah yang merawat pantai itu sebelum ramai dengan wisatawan.

Kendati dikenal dengan nama Pantai Indrayanti, wisata alam yang satu ini sebenarnya memiliki nama resmi yang digunakan oleh pemerintah, yakni Pantai Pulang Sawal.

3. Pantai Timang

Pantai TimangPantai Timang (Yasa Sidik Permana/d'travelers)

Pantai Timang terletak di antara Pantai Siung dan Pantai Sundak Gunungkidul. Tepatnya di Padukuhan Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul.

Pantai ini sangat unik dengan adanya sebuah pulau kecil yang menjadi habitat lobster laut di seberang pantai. Wisatawan diajak untuk menguji adrenalin untuk menyeberang pulau kecil itu dengan menaiki gondola.

4. Pantai Siung

pantaiPantai Siung Foto: (Bayu Krisna/d'Traveler)

Di Pantai Siung terdapat satu bukit karang untuk menatap view pantai yang luas. Selain itu, traveler bisa menjajal panjat tebing dan kemping di sini.

Pantai Siung berada di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Tepus, Gunungkidul. Dari pusat kota Yogyakarta, traveler harus menempuh jarak sekitar 77 km atau sekitar 2 - 3 jam perjalanan.

5. Pantai Slili

pantai sliliPantai Slili (Masiatun Abdulhadi/d'Traveler)

Pantai Slili berada di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Garis pantainya relatif pendek dibandingkan pantai lain di kawasan ini.

Di sini, traveler bisa snorkeling, santai di pantai pasir putih, atau ngopi di kafe De Slili.

6. Pantai Baron

Pantai Baron di GunungkidulPantai Baron di Gunungkidul Foto: (Pradito Rida Pertana/detikcom)

Pantai Baron memiliki pasir cokelat kehitaman dan memiliki garis pantai cekungan, sehingga saat dilihat dari atas menyerupai huruf "U". Uniknya lagi, Pantai Baron memiliki dua jenis aliran air sekaligus, yakni air asin dan air tawar yang berasal dari aliran sungai.

Pantai Baron berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Lokasi Pantai Baron dapat ditempuh 40 km daeri pusat kota Yogyakarta.

Asal mula nama Pantai Baron berasal dari nama seorang bangsawan asal Belanda yang bernama Baron Skeber. Bangsawan tersebut pernah mendaratkan kapalnya di pantai selatan tepatnya di pantai yang saat ini terkenal dengan sebutan Pantai Baron.

7. Pantai Krakal

pantaiPantai Krakal Foto: (Anisya Dwi Harianti/d'Traveler)

Pantai ini memiliki lanskap yang cenderung landai. Uniknya, terdapat batu karang besar yang tampak seperti jalan setapak di atas permukaan laut.

Pantai ini ada di di Desa Ngastiharjo, Tanjungsari, Gunungkidul. Lokasinya hanya berjarak sejauh 65 km dari pusat Kota Yogyakarta.



Simak Video "Wisata Baru, Bisa Lihat Bandara YIA hingga Laut Selatan dari Ketinggian"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA