Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 05 Apr 2022 14:03 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

FYI, Ada 6 Varian Buah Apel Khas Malang

Apel Malang yang khas hingga Malang Raya mendapat julukan Kota Apel.
Apel Malang Foto: Muhammad Aminudin/detikJatim
Jakarta -

Belanda membawa sejumlah bibit buah Apel untuk dibudidayakan di Malang Raya pada 1930-an silam. Tapi tidak semua bibit Apel itu tumbuh dengan baik.

Varian apel paling terkenal dan menjadi andalan di Malang Raya yakni Manalagi, Anna, Wangling, Green Smith, Princess Noble, dan Room Beauty.

1. Apel Manalagi

Apel Manalagi adalah varian dengan rasa paling manis dan daging buahnya sedikit keras. Warnanya hijau kekuningan. Kalau Anda menemukan Apel berwarna hijau di pasaran di Malang Raya, umumnya itu adalah Apel manalagi.

Apel Malang yang khas hingga Malang Raya mendapat julukan Kota Apel.Apel Malang Manalagi Foto: Muhammad Aminudin/detikJatim

2. Apel Rome Beauty

Berikutnya, Apel Rome Beauty memiliki warna kulit buah hijau bersembur merah. Rasanya segar sedikit asam. Bentuknya sedikit bulat hampir sama dengan bentuk apel Manalagi. Hanya saja, lekukan di bagian ujung varian ini relatif lebih dalam.

3. Apel Anna

Varian lainnya adalah Anna. Varian ini rasanya kombinasi asam dan manis. Daging buahnya lunak (masir) tetapi memiliki isi yang padat. Bentuk apel Anna seperti trapesium terbalik. Selain itu Apel Anna memiliki aroma buah apel yang tajam. Kulitnya yang tipis membuat Apel Anna tidak dapat bertahan lama seperti Apel Manalagi.

4. Apel Wanglin

Varian Apel Malang lainnya adalah Wanglin, yang mana varian ini memiliki warna yang hampir sama dengan Green/Granny Smith tapi memiliki bintik-bintik hitam. Jenis Apel ini memiliki rasa manis dan segar seperti buah pir.

Apel Malang yang khas hingga Malang Raya mendapat julukan Kota Apel.Apel Malang yang khas hingga Malang Raya mendapat julukan Kota Apel. Foto: Muhammad Aminudin/detikJatim


5. Apel Granny/Green Smith

Selanjutnya adalah Apel Granny atau Green Smith. Sesuai namanya, kulit apel Green Smith berwarna hijau. Kadang juga terlihat bintik-bintik putih. Jenis apel ini cocok dibuat jus karena kandungan airnya yang banyak dan memiliki rasa asam.

6. Apel Princess Noble

Terakhir adalah Apel Princess Noble sebagai salah satu varian yang mula-mula dibawa Belanda dan berhasil dibudidayakan di Malang Raya. Apel ini berasal dari Australia. Disebut juga Apel Hijau karena warnanya yang hijau kekuningan meskipun sudah masak. Buahnya pun berbentuk agak bulat dengan lekukan di bagian ujung relatif dalam. Berat rata-rata tiap buah ini sekitar 175 gram.

---

Artikel ini telah tayang di detikJatim.



Simak Video "Bikin Laper: Bakso Malang Campur Urat di Kalibata"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA