Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 15 Apr 2022 15:40 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ini Masjid Kebanggaan Warga Majalengka, Usianya Sudah 160 Tahun

Masjid Al Imam Majalengka
Foto: Masjid Al-Imam Majalengka (Erick Disy Darmawan/detikcom)
Majalengka -

Masjid Agung Al-Imam adalah masjid kebanggaan warga Majalengka. Masjid yang berada di kawasan alun-alun Majalengka ini sudah berusia lebih dari 160 tahun.

Masjid Agung Al-Imam diperkirakan dibangun sekitar pada tahun 1860 an, tepatnya pada masa kepemimpinan Bupati Majalengka ke-2, yakni Raden Aria Adipati Kertadiningrat.

"Kalau dari keterangan, masjid ini diperkirakan dibangun tahun 1860 an. Pembangunan masjid ini hampir bersamaan dengan pembangunan Pendopo dan Alun-alun," kata Nana Rohmana, selaku Ketua Grumala (Gruop Madjalengka Baheula) sekaligus penikmat sejarah Majalengka.

Pada zaman kolonial Belanda, masjid ini merupakan tanah wakaf Imam Hakim Majalengka (penghulu), Kiai Imam Syafari. Masjid ini awalnya berbentuk sederhana.

"Masjid Al-Imam awalnya tanah wakaf dari Kiai Imam Syafari. Masjid ini awalnya sederhana, tak begitu besar, berbentuk panggung dan di bawahnya terdapat kolam kecil," jelas Naro sapaan akrab Nana Rohmana.

Pada tahun 1860 an juga, kedudukan Kiai Imam Syafari menjadi penghulu diganti oleh putranya yaitu Kiai Imam Hasan Basarie. Di masa kedudukan Kiai Imam Hasan Basarie, ia melakukan perbaikan masjid tersebut, namun tidak banyak perubahan renovasi pada saat itu.

Singkat cerita, pada tahun 1888 tepatnya masa kepemimpinan Bupati Majalengka ke-6, yakni R.M.A.A Salmon Salam Sura Adi Ningrat, masjid Al-Imam mulai banyak perubahan.

"Masjid Al-Imam pada zaman Bupati R.M.A.A Salmon Salam Sura Adi Ningrat, mulai ada perombakan dan perbaikan secara menyeluruh. Ada penambahan tembok dan lantai," papar dia.

"Tahun 1930-an dirombak lagi pada masa bupati R.M.A.A Suriatanudibrata. Tahun 1960 masa Bupati R Sutisna juga ada sedikit renovasi. Di tahun 1987 pada masa Bupati Zaelani SH juga ada renovasi lumayan besar, yakni kolam sebelah utara telah dihilangkan," timpal dia menambahkan.

---

Artikel ini sudah naik di detikJabar dan bisa dibaca selengkapnya di sini.



Simak Video "Menengok Masjid Bersejarah di Angke, Bekas Markas Rahasia Lawan Belanda"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA