Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 06 Mei 2022 14:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ini Bukti Nyata Kisah Cinta Raja Bali dengan Putri Tionghoa

Sui Suadnyana
detikTravel
Kongco di Pura Ulun Danu Batur.
Foto: Ilustrasi (Sui Suadnyana/detikBali)
Bangli -

Tak banyak traveler yang tahu, di dalam Pura Ulun Danu Batur ada tempat beribadah umat Buddha. Itulah bukti nyata kisah cinta Raja Bali dengan Putri Tionghoa.

Di dalam pura itu terdapat sebuah kongco yang lazimnya sebagai tempat beribadah umat Buddha. Jero Mangku Sugi, pengayah di Kongco Batur mengatakan, keberadaan kongco di dalam Pura Ulun Danu Batur memang sudah terdapat dari zaman dahulu berkaitan dengan ajaran Siwa-Buddha.

Akulturasi ini muncul setelah adanya pernikahan antara Raja Bali Jaya Pangus dengan putri Tionghoa, Kang Cing Wie.

"Jadi kultur tradisi budaya sudah ada di zaman Kerajaan Singamandawa di Pura Puncak Penulisan atau dikenal dengan (Pura) Panarajon. Di sana sudah mulai ada kultur sejarah, kultur budaya Buddha dengan Hindu. Karena di sana terjadinya perkawinan Raja Jayapangus dengan Ratu dari China bernama Kang Cing Wie," kata Jero Mangku Sugi.

Dari perkawinan Jayapangus dengan Kang Cing Wie tersebut, perkembangan tradisi atau akulturasi budaya Hindu dengan Buddha tidak bisa dilepaskan.

Jero Mangku Sugi mengisahkan, awalnya keberadaan Kongco Batur tidak dibangun di utama mandala Pura Ulun Danu Batur. Melainkan palinggih Ida Bhatara Ratu Gede Ngurah Subandar distanakan di jaba pura.

Pada akhirnya, dibangunlah tempat suci kongco tersebut sesuai petunjuk adanya batu yang tiba-tiba muncul dari dalam tanah. Jero Mangku Sugi mengungkap, setelah kongco dibangun, kehidupan masyarakat menjadi tentram.

"Setelah dibangun ini (kongco) mulailah tenteram (dan) damai kondisi umat kita, khususnya di daerah sini menyangkut ke Bali maupun nusantara merasakan kedamaian, kesejahteraan, ada kemajuan," tuturnya.


---

Artikel ini sudah naik di detikBali dan bisa dibaca selengkapnya di sini.



Simak Video "Bukit Mintorogo, Tempat Bertapa Begawan Ciptoning yang Dikenal Mistis"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA