Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 06 Mei 2022 11:40 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ini Air Terjun Tertinggi yang Bersumber dari Danau Toba

Perdana Ramadhan
detikTravel
Air Terjun Sigura gura
Foto: Air terjun sigura-gura (Ismie/Facebook)
Asahan -

Jika ingin memanggil nama seseorang saat berada di air terjun ini, traveler harus berteriak kencang. Karena jika tidak, suara Anda akan kalah dengan air terjun.

Itu sekilas gambaran Air Terjun Ponot atau yang juga disebut Air Terjun Sigura-gura oleh masyarakat. Air terjun ini jatuh dari ketinggian gunung di ujung Kabupaten Toba. Air terjun yang sumber airnya berasal dari Danau Toba ini memiliki ketinggian 250 meter atau setara 820 kaki dan air terjun tertinggi di Indonesia.

Air terjun ini merupakan air Danau Toba yang mengalir melalui Sungai Asahan. Air ini akan berujung di laut Selat Malaka. Nah, jika ingin mengisi liburan lebaran bolehlah berkunjung ke tempat ini.

Karena mengunjungi objek wisata alam biasanya jadi pilihan favorit bagi keluarga untuk menghabiskan waktu liburan. Biasanya wisata yang paling banyak disukai itu berhubungan dengan air.

Jika dari kota Medan, Ponot dapat ditempuh dengan jarak sekitar 250 kilometer. Jalur lainnya bisa juga ditempuh melalui rute kota Siantar, Parapat, Balige dan Porsea di Kabupaten Toba.

Air terjun berketinggian 250 meter terdapat dua undakan air terjun sehingga belum lagi air sampai ke bawah pecahan butiran air akan melayang ke udara dan siap membasahi badan meski kita tidak berada langsung dibawahnya.

Sementara sekeliling turunan terjun air banyak terdapat batu - batu besar berlumut. Untuk mendekat ke air terjun, kita harus hati-hati memilih langkah. Takut jika terpeleset saat menapaki batuan licin.

Tak ada retribusi apapun untuk memasuki wilayah air terjun kecuali pembayaran biasa parkir Rp 5 ribu untuk kendaraan roda dua dan Rp 10 ribu untuk roda empat.

Hanya saja, pengelolaan wisata air terjun ini masih butuh perhatian khususnya permasalahan sampah yang masih banyak berserakan.

---

Artikel ini sudah naik di detikSumut dan bisa dibaca selengkapnya di sini.



Simak Video "Air Terjun Sedudo, Keindahan Alam Setinggi 105 Meter, Nganjuk"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA