Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 07 Mei 2022 12:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

12 Tempat Wisata di Trenggalek, Banyak Pantai Cantik Lho...

Adhar Muttaqin
detikTravel
Pemkab Trenggalek mulai melakukan uji coba pembukaan sektor pariwisata. Ini setelah hasil asesmen Kementerian Kesehatan masuk pada level 1.
Pantai Prigi di Trenggalek ( Adhar Muttaqin/detikcom)
Trenggalek -

Libur panjang Idul Fitri 2022 tak ada salahnya digunakan untuk merelaksasi diri dengan mengunjungi sejumlah destinasi wisata di Trenggalek. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Trenggalek memastikan seluruh tempat wisata dibuka pada libur lebaran.

"Semua destinasi yang dikelola pemerintah maupun swasta sudah buka, silakan berkunjung. Tapi jangan lupa patuhi protokol kesehatan," kata Kepala Disparbud Trenggalek, Sunyoto, Selasa (3/5/2022).

Berikut 12 destinasi wisata alam yang harus kamu kunjungi saat liburan ke Trenggalek.

1. Pantai Prigi

Pantai Prigi terletak di Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo. Pantai ini memiliki fasilitas yang lengkap mulai dari taman yang instagramable, pantai yang luas hingga pusat kuliner.

Lokasi ini juga memiliki panggung 360 derajat yang digunakan untuk berbagai pertunjukan seni dan budaya.

Pemkab Trenggalek mulai melakukan uji coba pembukaan sektor pariwisata. Ini setelah hasil asesmen Kementerian Kesehatan masuk pada level 1.Pantai Prigi Foto: Adhar Muttaqin/detikcom

2. Pantai Pasir Putih Karanggongso

Pantai Karanggongso berjarak 3,6 kilometer ke arah timur dari Pantai Prigi. Pantai ini memiliki pasir berwarna putih dengan ombak yang landai, sehingga relatif aman untuk bermain air.

Sejumlah fasilitas disediakan untuk memanjakan pengunjung, di antaranya banana boat hingga wisata perahu untuk berkeliling ke sejumlah spot menarik di kawasan Teluk Prigi. Kamis (5/5), pantai ini diserbu wisatawan.

3. Pantai Simbaronce

Simbaronce berdampingan dengan Pantai Karanggongso, hanya saja pasir pantainya tidak lagi berwarna putih. Fasilitas penunjang wisata seperti banana boat dan perahu wisata juga tersedia di sini.

pantai simbaronce trenggalekPantai Simbaronce Foto: Adhar Muttaqin

4. Pantai Mutiara

Pantai Mutiara juga berada di kawasan Teluk Prigi. Pantai ini memiliki pemandangan indah, dengan air laut yang jernih.

Yang menarik wahana di Pantai Mutiara cukup lengkap, mulai dari rumah apung, sepeda air, paddle boarding. Pengelola juga menyediakan fasilitas home stay untuk pengunjung yang bermalam.


5. Pantai Cengkrong

Pantai Cengkrong berada di sisi barat Teluk Prigi. Pantai yang tidak tarif masuk tersebut cukup nyaman untuk nongkrong atau bersantai.

6. Hutan Mangrove

Di dekat Pantai Cengkrong terdapat wisata hutan mangrove yang dikelola oleh masyarakat setempat. Pengunjung dapat menyusuri jembatan kayu sambil belajar aneka jenis mangrove.

7. Gua Lawa

Gua Lawa atau gua kelelawar berada di Desa Watuagung, Kecamatan Watulimo, Trenggalek. Gua ini merupakan gua terbesar dan terpanjang se-Asia Tenggara.

"Panjangnya kalau lima kilometer ada, hanya saja yang saat ini bisa dikunjungi sekitar satu kilometer," kata Sunyoto.

Untuk menyusuri gua ini, pengunjung tidak perlu repot, karena disediakan jembatan mulai dari mulut gua hingga ujung. Pengunjung dapat menikmati menikmati stalagtit dan stalagmit yang terbentuk ribuan tahun.

8. Desa Wisata Durensari

Wisata Durensari berada di Desa Sawahan, Kecamatan Watulimo. Lokasinya masuk di kawasan hutan durian International Durio Foresty (IDF). Untuk menikmati kawasan ini biasanya pengunjung harus reservasi terlebih dahulu dan memilih paket wisata yang disiapkan.

Di bawah pengelolaan desa wisata. Pengunjung dapat menikmati jelajah hutan durian, river tubing hingga aneka permainan tradisional.

Kawasan ini telah terintegrasi dengan puluhan home stay yang dikelola oleh masyarakat setempat.

9. Gua Ngerit/Ngerit Stone Park

Gua Ngerit atau Ngerit Stone Park merupakan kawasan taman batu kars yang terbentuk secara alami. Wisata yang berlokasi di Desa Senden, Kecamatan Kampak ini tergolong unik di banding destinasi lainnya.

Pengunjung bisa menyusuri labirin taman batu hingga masuk ke dalam terowongan atau gua yang menembus batu. Rumah batu menjadi tempat persinggahan yang nyaman bagi pengunjung.

Baca selengkapnya di sini.



Simak Video "H+4 Lebaran, Pantai Pasir Putih Trenggalek Diserbu Wisatawan"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA