Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 07 Mei 2022 18:11 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Hidden Gem Cianjur! Onsen Alami di Basement Pasar Cipanas

Ikbal Selamet
detikTravel
Kolam berendam air panas di basement Pasar Cipanas, Cianjur
Foto: Ikbal Selamet/detikJabar
Cianjur -

Ada wisata baru di kawasan Cipanas, Kabupaten Cianjur. Bahkan, wisata ini bisa jadi alternatif untuk merelaksasi tubuh yang lelah akibat terjebak macet parah di jalur Puncak.

Wisata baru ini yakni Pemandian Air Panas Dipa yang berlokasi di Jalan Raya Cipanas-Puncak, tepatnya di basement Pasar Cipanas. Meskipun lokasinya di basement, pengunjung akan terpukau dengan interior dalam destinasi wisata yang baru beroperasi tiga bulan ini.

Desain interior dikelilingi dengan keramik berpola. Sejumlah meja dan kursi kayu juga disediakan untuk sekadar duduk santai atau menunggu giliran masuk ke pemandian.

Suasana yang nyaman membuat wisatawan tak merasa jika mereka berada di basement pasar, namun seperti di pemandian air panas mewah. Air panas di pemandian itu juga ternyata merupakan air panas alami dari Gunung Gede Pangrango. Air panas itu diambil dari aliran bawah tanah.

Kolam berendam air panas di basement Pasar Cipanas, CianjurKolam berendam air panas di basement Pasar Cipanas, Cianjur Foto: Ikbal Selamet/detikJabar

Pengelola Pemandian Air Panas Dipa Zulfi Abizar mengatakan aliran air panas tersebut sudah ada sejak sepuluh tahun lalu, namun sempat ditutup lantaran pedagang sayuran mengeluh jika yang digunakan mencuci sayuran ialah air panas.

"Mengetahui ada air panas, kami beserta pihak pasar sepakat untuk menjadikannya wisata, yakni pemandian air panas. Akhirnya tiga bulan lalu diresmikan, tepatnya usai hasil uji laboratorium jika air panasnya memang layak digunakan," ungkap dia, Jumat (6/5/2022).

Menurutnya tersedia lima kamar pemandian privat dengan kolam yang cukup untuk tiga orang. Selain itu juga terdapat kolam besar yang dikhususkan untuk anak-anak.

"Jadi yang dewasa bisa mandi di kamar privat bersama keluarganya. Untuk anak-anak ada juga kolam khusus yang airnya tidak terlalu panas," kata dia.

Harga tiket masuknya sangat terjangkau, untuk anak-anak hanya Rp 20 ribu per orang, orang dewasa Rp 35 ribu per orang.

"Jika bertiga dalam satu kamar privat, biayanya hanya Rp 50 ribu," kata dia.

Baca selengkapnya di sini.



Simak Video "Jadwal Pemberlakuan Ganjil Genap di Kawasan Wisata Cipanas"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA