Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 08 Mei 2022 15:40 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Sepenggal Kenangan Charlie Chaplin dan Stasiun Garut

Hakim Ghani
detikTravel
Charlie Chaplin saat berada di Garut.
Foto: Chalie Chaplin di Garut (dok.Istimewa)
Garut -

Tak banyak traveler yang tahu, Charlie Chaplin pernah berkunjung ke Garut di masa lalu. Dia menginjakkan kaki di Stasiun Garut pada tahun 1932.

Stasiun Garut untuk pertama kalinya beroperasi lagi usai mati suri puluhan tahun. Siapa sangka, jauh sebelum Indonesia merdeka, Charlie Chaplin pernah berkunjung ke sini.

Sedikit menengok ke belakang, Stasiun Garut berhenti beroperasi pada 9 Februari 1983 silam. Kala itu, jalur rel KA Cibatu-Garut dihentikan karena para pelanggan beralih moda transportasi kekinian saat itu seperti bus, oplet hingga truk.

Salah satu kenangan tentang Stasiun Garut adalah kedatangan seorang komedian legendaris yang fenomenal bernama Charlie Chaplin. Tak banyak orang yang tahu soal ini. Dikutip dari laman heritage.kai.id, sebuah artikel pernah mengulas perihal kehadiran sang legenda di kota Intan.

Konon kabarnya, Charlie Chaplin berkunjung ke Garut di sekitar tahun 1932. Kala itu, dikabarkan koran Get Niews van den Dag voor Nederland Indie yang terbit pada 29 Maret 1932, sebuah telegram dari Singapura menginformasikan Charlie Chaplin tiba pada malam minggu melalui Pelabuhan Tanjung Priok. Chaplin bertolak dari Batavia menuju Garut hari Senin.

Chaplin kemudian tiba di Garut pada 30 Maret 1932 menggunakan kereta api yang tiba di Stasiun Garut. Dikabarkan laman resmi PT KAI itu, meskipun hanya sehari bermalam di Garut, namun Chaplin mendapatkan pengalaman yang menyenangkan.

Kedatangan Charlie Chaplin ke Garut juga dikuatkan sebuah potret Charlie Chaplin pada majalah Moesen yang terbit pada 15 Januari 1995 dengan keterangan Charlie Chaplin op het perron Van station Garoet, 1932. Foto itu kabarnya merupakan koleksi milik Ernst Drissen yang pernah menetap di Garut.

Kunjungan Charlie Chaplin ke Kabupaten Garut kabarnya juga tak sekali saja terjadi. Dia dikabarkan mengunjungi Garut sebanyak dua kali. Selain pada tahun tersebut, pria yang mengembuskan nafas terakhirnya di Swiss tahun 1977 ini juga dikabarkan pernah mengunjungi Garut pada tahun 1936.

Hal tersebut dikonfirmasi salah seorang pakar budaya dan sejarawan Garut, Warjita. Meskipun, kata Warjita, hal tersebut perlu dikaji lebih dalam lagi.

"Kunjungannya di tahun 1930-an. Sekitar tahun 1932 dan 1936 kalau tidak salah. Tapi perlu cross check lagi," ucap Warjita.


---

Artikel ini sudah naik di detikJabar dan bisa dibaca selengkapnya di sini.



Simak Video "Melihat Wajah Baru Stasiun Garut yang Diklaim Termegah di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA