Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 01 Jul 2022 22:40 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Tempat Healing Asyik di Malang, Coba Datang ke Candi Sumberawan

Putu Intan
detikTravel
Candi Sumberawan di Malang
Candi Sumberawan. Foto: Putu Intan/detikcom
Malang -

Bila traveler liburan ke Malang, cobalah datang ke Candi Sumberawan. Selain dapat melihat peninggalan sejarah, segarnya hutan pinus juga dapat kamu nikmati.

Candi Sumberawan terletak di Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Lokasi candi ini berjarak 6 kilometer dari Candi Singosari.

Candi ini memang tak setenar candi lainnya di Kabupaten Malang karena lokasinya yang terpencil. Letak candi boleh di tengah hutan tetapi jangan khawatir karena jalan menuju ke sana sudah mulus dan dapat dilalui kendaraan roda dua dan empat.

Suasana Candi Sumberawan begitu sejuk dan asri karena terletak di dalam hutan pinus. Meskipun hanya menyisakan bangunan stupa dan beberapa batu yang tak utuh, kawasan candi tetap ditata dengan rapi seperti berada di sebuah taman.

Candi SumberawanCandi Sumberawan. Foto: Putu Intan/detikcom

Traveler juga dapat mendengar aliran air yang makin menambah kesan sejuk. Aliran air ini berasal dari bawah candi yang merupakan sumber air besar.

Di dalam kawasan candi juga terdapat Sendang Kederajatan, tempat mandi yang berisi air dari bawah candi. Air di sini begitu bersih dan dianggap suci.

Selain itu, ada pula ruangan lain yang airnya dipercaya berkhasiat untuk kesehatan. Saking bersihnya air di sana, air itu bisa langsung diminum.

Hutan Pinus di Candi SumberawanHutan pinus di sekitar Candi Sumberawan. Foto: Putu Intan/detikcom

Candi Sumberawan juga relatif sepi dibandingkan kawasan wisata lain di Malang. Tempat ini cocok dikunjungi untuk traveler yang ingin menyepi dan healing.

Menurut juru pelihara Candi Sumberawan, Rosida, beberapa pengunjung datang untuk berdoa. Candi Sumberawan sampai sekarang memang masih difungsikan untuk pemujaan terutama oleh umat Buddha saat Waisak.

Bila traveler ingin mengisi perut, di sekitar candi ini juga terdapat warung-warung yang menjual makanan dan minuman. Selain itu, kawasan hutan pinus juga dilengkapi spot berfoto dan permainan outbond yang dapat dinikmati.

Untuk masuk ke kawasan ini, traveler cukup membayar Rp 5 ribu per orang. Candi Sumberawan buka setiap hari mulai pukul 08.00-16.00 WIB.



Simak Video "Healing di Hutan Pinus Pijar Park yang Sejuk"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA