Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 27 Okt 2019 11:07 WIB

D'TRAVELERS PHOTOS

Menikmati Kopi Wae Rebo di Negeri Atas Awan Flores

fahmi salama
d'travelers
Foto 1 dari 5
Kopi War Rebo
Kopi War Rebo
detikTravel Community - Kopi Wae Rebo wajib masuk daftar pencinta kopi. Kenikmatannya kian terasa saat mencicipinya langsung di daerah asalnya di di Flores, Nusa Tenggara Timur.

Kopi asli Wae Rebo memiliki cita rasa unik, tak heran kopi ini jadi komoditas utama sekaligus favorit wisatawan yang berkunjung ke negeri di atas awan. Sepanjang perjalanan menuju kampung Wae Rebo, kita pun akan diiringi hamparan perkebunan kopi.

Ada dua jenis kopi yang tumbuh di sekitar kampung Wae Rebo, salah satu desa tertinggi di Indonesia, yaitu Arabika yang tumbuh di atas ketinggian 1.500 mdpl dan Robusta yang tumbuh di atas ketinggian 1.000 mdpl.

Kopi Wae Rebo diproses dengan cara tradisional. Setelah dijemur di bawah sinar matahari selama 1-2 hari, biji kopi kemudian disangrai dengan tungku tradisional yang terletak di dalam Mbaru Niang (rumah adat Wae Rebo).

Kemudian biji kopi tadi ditumbuk menggunakan alu dan lesung oleh para wanita Wae Rebo. Aroma yang kuat dan rasa yang khas buat Kopi Wae Rebo jadi penghangat yang sempurna sambil menikmati sejuknya suasana Negeri di Atas Awan. Nikmat!

BERITA TERKAIT
BACA JUGA