Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 27 Apr 2011 11:09 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Pantai Ngurtafur Pulau warbal

d'travelers
Foto 2 dari 2
Ngurtafur dari Udara
Ngurtafur dari Udara
detikTravel Community -

Pantai Ngurtafur, selama lebih kurang satu minggu perjalanan kami di kepulauan Tanimbar dan Kei, inilah pantai terunik dan terindah yang kami temui.

 

Berbeda dengan pantai pasir pada umumnya yang terletak sepanjang tepian pulau, pantai Ngurtafur ini memanjang dari tepi pulau Warbal ke arah laut sepanjang dua kilo meter dengan lebar lebih kurang tujuh meter.

 

Pulau Warbal terletak disebelah selatan pulau Kei kecil, dari Tual kami menuju ke debut ditempuh selama 30 menit, kemudian menyewa speed boat untuk menyeberang ke pulau warbal selama satu jam.

 

Yang menarik daerah perairan sekitar pulau Warbal merupakan tempat Tabob atau penyu Blimbing mencari makan. Tabob merupakan salah satu hewan purba yang dilindungi jadi disini merupakan wilayah konservasi Tabob yang dikelola WWF.

 

Perjalanan kami selama di Kepulauan Kei yang dalam bahasa setempat disebut Evav, didampingi salah seorang staf WWF yaitu bung Jacky, berdasarkan data di WWF Tabob terbesar yang pernah ditemukan beratnya sekitar 1,1 ton bayangkan ada penyu seukuran city car, wow...

 

Saat perjalanan ke pulau Warbal saya berharap bisa bertemu mahluk langka ini, saya sudah membayangkan apabila bertemu Tabob niscaya akan menceburkan diri di laut untuk berinteraksi langsung dengan Tabob, tapi sayang selama perjalanan tidak ada satupun Tabob yang muncul.

 

Memang untuk bertemu Tabob dibutuhkan ritual khusus yang dipimpim raja atau tetua adat setempat, ritual seperti ini memang sering berhasil, aneh tapi nyata memang, tapi selama kami di berada di Maluku banyak menemui hal hal aneh yang bagi saya merupakan keunikan tersendiri dari Maluku.

 

Tapi kekecewaan tidak bertemu Tabob langsung terobati begitu sampai di pantai Ngurtafur. Subhanalloh, sungguh indah bayangkan hamparan pasir putih selebar lebih kurang tujuh meter dan panjang dua kilo meter meliuk liuk dari bibir pulau Warba kearah lautan. 

 

Saya pun menyempatkan sholat di tempat ini. ini salah satu tempat yang wajib dikunjungi bila berada di Maluku Tenggara.

 

Selanjutnya kami akan mengunjungi pantai Ngurbload, pantai dengan pasir putih yang sangat halus. Ikuti cerita perjalanan kami selanjutnya menjelajahi Maluku Tenggara.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA