Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 28 Feb 2012 13:18 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Sentuhan Tuhan di Danau Poso

Afif Farhan
d'travelers
Foto 1 dari 5
Dermaga di Tando Bone, salah satu sisi Danau Poso (hadi/dtraveler)
Dermaga di Tando Bone, salah satu sisi Danau Poso (hadi/dtraveler)
detikTravel Community -

Danau Poso di Sulteng, merupakan salah satu danau terluas di Indonesia. Keistimewaan danau ini adalah airnya yang biru, suasana yang tenang, memiliki pasir putih, dan masih banyak keistimewaannya. Keindahannya adalah bukti keagungan ciptaan Tuhan!

Selain menjadi salah satu danau terluas di Indonesia, Danau Poso adalah andalan objek wisata Sulawesi Tengah. Udara di Danau Poso sangat sejuk, karena tempat ini terletak di ketinggian 657 mdpl. Danau ini memiliki luas 512 km persegi dan kedalaman lebih dari 300 meter. Perjalanan ke Danau Poso dapat ditempuh selama 8 jam dari Kota Palu atau 1,5 jam dari Poso.

Danau Poso memang indah dan spesial. Sejauh mata memandang, danau dengan air yang jernih ini dikelilingi oleh pegunungan. Suasana yang tenang akan membuat Anda betah untuk bersantai dan mungkin tertidur dengan lelap di tempat ini.

Air di Danau Poso sangat bersih dan jernih. Walaupun diguyur hujan atau terjadi banjir pada beberapa anak sungai yang mengalir ke danau ini, air di Danau Poso tetap jernih dan menyejukan pandangan Anda. Uniknya, air di pinggiran danau berwarna kehijauan. Sedangkan di bagian tengah danau, airnya berwarna kebiruan.

Jangan kaget bila Anda melihat ombak di danau ini. Hal tersebut karena hembusan angin yang menyapu permukaan air danau, sehingga Anda seolah-olah sedang berada di pantai. Tidak hanya itu, di tepian danau terdapat ikan-ikan kecil, serta hamparan pasir yang putih. Pasir-pasir putih tersebut sama persis dengan pasir-pasir putih di pantai! Jadi, Anda dapat bermain di tepian danau bersama ikan-ikan kecil atau hanya sekedar menikmati hamparan pasir yang putih.

Di Danau Poso, Anda bisa berenang menikmati airnya yang dingin atau sekadar memancing. Tepian danaunya landai dan tidak terdapat bebatuan atau karang, sehingga tidak akan menyakitkan Anda. Selain itu, Anda juga bisa menjelajahi Danau Poso dengan menyewa perahu motor yang ada di terminal kapal tentena atau ikut bersama warga yang akan menuju wilayah Peura di ujung Danau Poso.

Di sekitar Danau Poso, terdapat beberapa penginapan bagi Anda yang ingin bermalam dan menyaksikan sinar matahari pagi yang menyinari permukaan air danau. Ada beberapa tempat makan yang menyajikan aneka hidangan seafood di sekitar danau.

Keindahan dan keistimewaan Danau Poso bagaikan lukisan Tuhan. Keindahan yang dapat dilihat dan keunikan yang dapat langsung Anda rasakan, akan membuat Anda merindukan pesona Danau Poso.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA