Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 13 Mar 2012 09:42 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Shilin, Hutan Batu Unik Milik China

Faela Shafa
d'travelers
Foto 1 dari 5
Depan Shilin (stylishandtrendy.com)
Depan Shilin (stylishandtrendy.com)
detikTravel Community -

Sebuah area unik ada di China. Kota Shilin Yi, Yunnan, China punya hutan batu atau Shilin dalam bahasa China. Bukan tumbuhan hijau yang ada di sana, melainkan bebatuan abu-abu menjulang yang tersebar di 350 km2. Menarik!

Hutan batu ini dihasilkan dari erosi hujan dan angin ke bebatuan kapur yang ada di sana. Hasil erosi ini melahirkan sebuah komplek cantik berwarna abu-abu. Bebatuan ini berdiri dengan tinggi berbeda, dengan pepohonan hijau di sela-selanya. Batu yang paling tinggi di sini mencapai 30 meter.

Dipercaya, hutan bebatuan ini dibuat oleh dewa yang ingin membuat tempat pribadi untuk bertemu dengan kekasih. Ia ingin berdua dengan kekasihnya, maka ia memecah gunung menjadi labirin yang terbuat dari batu. Saat ini, akan sulit menemukan tempat sepi di sana karena turis kerap berdatangan dan memenuhi hutan batu tersebut.

Ada juga legenda lain yang menceritakan mengenai Shilin. Konon, hutan batu ini adalah tempat kelahiran seorang gadis dari suku Yi yang bernama Ashima. Saat beranjak dewasa, ia jatuh cinta kepada seorang pria namun tidak disetujui oleh orangtuanya. Maka ia lari ke hutan batu ini dan menjadi salah satu batu di dalam hutan tersebut.

Setiap tahunnya, suku Yi merayakan Festival Obor. Pada tanggal 24 di bulan Juni, mereka mengadakan festival yang sudah berlangsung selama beratus tahun. Dalam acara ini, para wanita menari tarian tradisional dan pria mengadakan kompetisi gulat.

Kawasan Shilin yang dipercaya sudah ada sejak 270 juta tahun lalu ini terbagi menjadi beberapa bagian area. Dengan luas 350 km2, Shilin terbagi menjadi 7 bagian, antara lain Hutan Greater & Lesser, Hutan Naigum, Gua Zhiyun, Danau Chang, air terjun Dadie dan lainnya. UNESCO telah menetapkan Hutan Naigu dan Desa Suogeyi sebagai situs sejarah pada tahun 2007 kemarin.

Untuk Anda yang ingin berkunjung ke sini, bisa mencapai tempat ini dengan bus dengan lama perjalanan sekitar 2 jam dari Kunming. Di kawasan Shilin erdapat beberapa hotel dengan fasilitas beragam yang bisa dijadikan tempat menginap.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED
Laporan dari Jerman

Foto: Gembok Cinta Abadi Kota Cologne

Kamis, 25 Apr 2019 06:20 WIB

Di Kota Cologne, Jerman traveler bisa mengabadikan cinta bersama pasangan. Ada destinasi gembok cinta Jembatan Hohenzollern yang wajib kamu kunjungi di sini.