Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 30 Apr 2012 14:48 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Ini Dia 5 Jalur Ekstrem di Indonesia

Foto 1 dari 5
Simpang 44 , Sumatera Barat (dok. Putri/detikTravel)
Simpang 44 , Sumatera Barat (dok. Putri/detikTravel)
detikTravel Community - Bagi beberapa orang, traveling menggunakan kendaraan sendiri seperti mobil, dirasa lebih nyaman. Tapi bagaimana jika jalur yang dilalui adalah jalur ekstrem?

Beberapa jalur darat di Indonesia sudah memiliki jalan yang telah diaspal halus dan bebas dari lubang. Tak heran jika kebanyakan wisatawan pun memilih membawa kendaraan sendiri dan melewati jalur darat saat traveling.

Tapi ternyata, ada beberapa jalur menuju lokasi wisata yang terbilang ekstem, yaitu berliku dengan tikungan sangat tajam. Cukup berbahaya untuk Anda yang tidak mengetahui medan. Penasaran? Disusun detikTravel, Senin (30/4/2012), berikut adalah 5 jalan dengan tikungan ekstrem di Indonesia yang mungkin saja Anda lalui:

1. Alas Roban, Jawa Tengah


Salah satu rute yang cukup ramai dilalui wisatawan saat berkunjung ke Jawa Tengah adalah Alas Roban. Suasana asri yang dimilikinya menjadikan rute ini sering dilalui wisatawan. Di kanan kiri jalan terdapat jejeran pohon jati yang terlihat indah terutama pada bulan Juli-Agustus karena meranggas.

Namun, di balik keindahannya itu, jalan di sepanjang jalur Alas Roban cukup berbahaya. Ada banyak tikungan tajam yang menanti kedatangan Anda. Selain itu, kondisi jalan yang menurun dan menanjak menjadi rintangan tersendiri, bagi Anda yang membawa kendaraan sendiri. Jika melewati jalur ini, hindari malam hari karena minimnya penerangan bisa menyebabkan kecelakaan jika Anda tidak berhati-hati.

2. Senggigi, NTB

Jalur di kawasan Senggigi, Lombok, NTB memang menyuguhkan pemandangan yang menakjubkan. Sepanjang jalan Anda akan disuguhkan dengan keindahan Pantai Senggigi lengkap dengan panorama pantai yang tak henti-henti menemani. Mulai dari pantai yang berwarna hitam hingga putih bisa Anda saksikan di sepanjang jalur.

Tapi ternyata, di balik keindahan panorama sepanjang jalur Senggigi, Anda juga dihadapkan dengan esktremnya tikungan. Wisatawan yang datang harus bersiap melalui jalan dengan tikungan tajam. Yang membuat jalanan ini semakin ekstrem adalah kondisi jalan yang kadang menanjak kadang menurun, ditambah jurang di kiri jalan. Jika Anda langsung menyetir sendiri, sebaiknya jangan terlalu fokus pada pemandangan. Jangan sampai lengah karena bisa membahayakan diri Anda dan penumpang lainnya.

3. Kelok 44, Sumatera Barat

Nah, ini dia jalanan paling ekstrem dan paling terkenal di Sumatera Barat. Terletak di daerah Maninjau, Kelok 44 memiliki tikungan tajam sangat ekstrem. Yang lebih mengerikan lagi, tikungan ini berada di atas gunung yang berarti jalan eskterm ini dibarengi dengan menanjak.

Sesuai namanya, jika dihitung jumlah tikungan ekstrem ini mencapai 44 tikungan. Hitungan pertama dimulai saat Anda memasuki wilayah perbukitan sekitar Danau Maninjau. Wisatawan yang datang akan melihat tanda berupa ukiran di dinding tebing bertuliskan Kelok 44. Yang lebih menyeramkan lagi, sisi kanan dan kiri jalan terdapat tebing dan jurang terjal. Jika Anda tidak mahir dalam menyetir, jangan sekali-kali melewati jalur ini. Berbahaya!

4. Ende, NTT


Wilayah lain di Nusa Tenggara yang juga memiliki jalur cukup ekstrem adalah Ende di Flores. Memang tidak semua jalur di Ende terbilang ekstrem, tetapi jalur ini bisa Anda temukan di perjalanan menuju Penggajawa. Wisatawan akan diajak melewati jalan di perbukitan dan tentu saja lengkap dengan tikungan Ekstrem.

Walau tikungannya ekstrem, sepanjang jalan Anda akan ditemani dengan laut lepas yang bersih lengkap dengan pasir hitamnya. Tapi ingat, jangan terbuai dengan pemandangan indah ini karena di sisi kiri jalan ada jurang yang cukup dalam. Salah-salah kendaraan Anda bisa masuk ke dalamnya.

5. Cadas Pangeran, Jawa Barat

Satu lagi jalur ekstrem yang ada di Pulau Jawa, Cadas Pangeran namanya. Cadas Pangeran merupakan jalan utama dari Bandung menuju Sumedang dan jalur yang sangat sibuk. Jalur yang telah dibangun sejak masa pemerintahan Hindia-Belanda ini memang cukup terkenal karena ekstremnya.

Di sepanjang jalur, Anda akan ditemani dengan jalan yang berliku lengkap dengan tikungan tajamnya. Meskipun Cadas Pangeran memiliki jalan yang telah diaspal mulus, Anda tetap harus berhati-hati dan jangan pacu kendaraan terlampau tinggi.

Selain berbahaya bila berpapasan dengan kendaraan dari arah berlawanan, jurang yang ada di sisi jalan juga memberikan bahaya tersendiri.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA