Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 23 Mei 2012 15:21 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Anggunnya Sendratari Ramayana

Wulan Yuniarto
d'travelers
Foto 2 dari 5
Penari-penari dalam pertunjukan Sendratari Ramayana
Penari-penari dalam pertunjukan Sendratari Ramayana
detikTravel Community -

Liburan ke Candi Prambanan, Yogyakarta belum lengkap kalau tidak menyaksikan Sendratari Ramayana. Pertunjukan yang menceritakan cinta segitiga Rama, Shinta, dan Rahwana ini, menjadi pagelaran yang sayang untuk dilewatkan.

Candi Prambanan, sudah pasti menjadi candi yang wajib dikunjungi saat berada di Yogyakarta. Apalagi, bukan hanya keindahan arsitektur candinya yang bisa dinikmati oleh wisatawan. Tapi, di candi ini juga terdapat pertunjukan Sendratari Ramayana yang menjadi salah satu umpan untuk menarik wisatawan berkunjung.

Sendratari Ramayana di Candi Prambanan dipertunjukkan dalam 2 jenis panggung, yaitu panggung outdoor dan panggung indoor. Pada kesempatan ini, saya bisa menyaksikan Sendratari Ramayana di panggung outdoor dengan latar belakang pemandangan Candi Prambanan. Sungguh, tatanan panggung kala itu terlihat sangat cantik dan anggun.

Dalam setiap pertunjukannya, Sendratari Ramayana melibatkan sekitar 200 penari. Tata cahaya dan musik gamelan serta sinden yang menggambarkan jalan cerita dalam lantunan lagu-lagu Bahasa Jawa. Ya, karena dalam pertunjukan ini para penari tidak lagi melakukan dialog.

Dalam pertunjukan Sendratari Ramayana, cerita percintaan Rama, Shinta, dan Rahwana menjadi yang paling ditunggu-tunggu. Kisah pewayangan ini memang sudah menjadi identitas pertunjukan ini.

Cerita malam itu dimulai ketika Prabu Janaka mengadakan sayembara untuk menentukan pendamping Dewi Shinta (puterinya) hingga akhirnya Rama Wijaya lah yang menjadi pendampingnya. Kemudian, cerita dilanjutkan dengan petualangan Rama bersama adiknya, Laksmana di Hutan Dandaka.

Nah, di hutan inilah mereka bertemu Rahwana yang ingin memiliki Shinta. Rama menganggap Shinta adalah jelmaan Dewi Widowati, seorang wanita yang sudah lama dicarinya.

Untuk menarik perhatian Shinta, Rahwana mengubah seorang pengikutnya yang bernama Marica menjadi Kijang. Usaha itu pun berhasil karena Shinta terpikat dan meminta Rama memburunya. Laksmana mencari Rama setelah lama tak kunjung kembali sementara Shinta ditinggalkan dan diberi perlindungan berupa lingkaran sakti agar Rahwana tak bisa menculiknya. Namun, perlindungan itu gagal karena Shinta berhasil diculik setelah Rahwana mengubah dirinya menjadi sosok Durna.

Gerakan-gerakan para penari yang menjadi tokoh-tokoh tersebut terlihat sangat atraktif. Adegan demi adegan yang diperagan oleh para penari tak luput dari tepuk tangan wisatawan yang menyaksikan pertunjukan ini.

Tidak hanya, gerakannya yang bisa memukau penonton tapi juga kostum-kostumnya menjadi pemandangan unik lainnya. Kostum ala pewayangan Jawa yang dikenakan oleh penari pastinya sudah tidak aneh lagi untuk wisatawan lokal. Akan tetapi, untuk wisatawan mancanegara kostum seperti ini terlihat sangat unik dan menarik.

Namun, di akhir cerita Shinta berhasil direbut kembali dari Rahwana oleh Hanoman, sosok kera yang lincah dan perkasa. Namun, sayang ketika kembali Rama justru tak mempercayai Shinta lagi dan menganggapnya telah ternoda. Kesucian Shinta akan terbukti karena raganya sedikit pun tidak terbakar. Justru paras Shinta bertambah cantik. Rama pun akhirnya menerimanya kembali sebagai istri.

Inilah, puncak acara yang mengundang decak kagum penonton. Untuk membuktikan kesucian dirinya, Shinta diminta membakar raganya. Saat itu, seketika panggung pertunjukan di penuhi api yang berkobar. Pada panggung outdoor ini, api yang digunakan adalah api sungguhan. Ditambah dengan aksi lincah dan lucu dari Hanoman menjadi puncak menariknya pertunjukan ini.

Keindahan gerak, budaya, dan musik menyatu sebagai harmonisasi yang sangat apik. Untuk menyaksikan pertunjukan ini, wisatawan harus memilih tempat yang terbagi dalam 4 kelas dengan harga yang berrbeda. Kisaran harga tiket yang diberikan berkisar antara Rp 100.000 - Rp 300.000.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED