Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 09 Jun 2012 13:03 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Tour de Jakarta, Saatnya Nonton Balap Sepeda di Jalanan Ibukota!

Tour de Jakarta 2010 (sepedaku.com)
Tour de Jakarta 2010 (sepedaku.com)
detikTravel Community -

Lomba balap sepeda Tour de Singkarak 2012 menyedot perhatian wisatawan untuk datang ke Sumatera Barat. Nah, pertengahan Juni mendatang, lomba balap sepeda taraf internasional juga akan digelar di Jakarta!

Pertengahan Juni nanti, Kota Jakarta akan kembali disorot oleh mata internasional. Tour de Jakarta adalah event balap sepeda di jalanan ibukota, sehingga masyarakat ibukota bisa melihat para pebalap nasional dan asing beradu cepat.

Tour de Jakarta dipelopori oleh Ikatan Penggiat Sepeda Jakarta (IPSJ). Event pertama digelar pada tahun 1996, namun kemudian vakum selama enam tahun dan baru bergulir lagi pada tahun 2002. Event ini pun berlangsung rutin setiap tahun, di mana event terakhir adalah pada tahun 2010.

"Kami ingin Jakarta, sebagai kota terbesar di Indonesia, mempunyai trademark dalam kegiatan bersepeda, yaitu event balap sepeda Tour de Jakarta," kata Perry H. Josohadisoerjo, Ketua Umum IPSJ, yang juga menjabat sebagai Chairman Tour de Jakarta.

Tour de Jakarta juga telah mendapatkan pengakuan dari dunia internasional. Sebagai buktinya, penyelenggaraan pada tahun 2010 lalu masuk kalender event UCI (Union Cyclist International).

Tahun ini, Tour de Jakarta akan digelar pada 17 Juni mendatang. Polygon, yang jadi sponsor utama sejak tahun 2006 kembali mensponsori event ini.

Masyarakat dan wisatawan domestik maupun mancanegara bisa melihat langsung aksi para pebalap sepeda di jalan raya. Tour de Jakarta akan berlangsung di ruas Jl Sudirman-Jl MH Thamrin.

Mereka start dari Kompleks KONI di Senayan kemudian menuju ke garis Start/Finish yang berada di Jl. Sudirman Gerbang Satu. Setelah itu, menuju Jl. MH Thamrin dan akhirnya berputar pada putaran dalam Tugu Selamat Datang (depan Hotel Mandarin Oriental) dan kembali ke arah Jl. Sudirman. Sampai di putaran Tugu Pemuda (depan Panin Bank) menuju garis Start/Finish (1 lap/ putaran). Pebalap akan menempuh sebanyak 20 kali putaran (20 lap) dengan estimasi jarak tempuh total sekitar 165 km.

“Dengan format race seperti akan memungkinkan masyarakat Indonesia dan kota Jakarta, untuk melihat para pembalap ternama di tanah air beradu sprint dengan pembalap asing,” ungkap Perry.

Meylan Fredy Ismawan - detiksport

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED