Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 29 Jun 2012 07:35 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Berkunjung ke Tempat Para Dewa di Dieng

Afif Farhan
d'travelers
Foto 1 dari 5
Dieng, tempat persemayan para dewa (Dhianna Puspitasari/dTraveler)
Dieng, tempat persemayan para dewa (Dhianna Puspitasari/dTraveler)
detikTravel Community - Dataran Tinggi Dieng dipercaya sebagai tempat bersemayamnya para dewa. Tak heran, ada komplek candi bersejarah di sana. Terletak di ketinggian ribuan kaki, Dieng pun akan membuat Anda jatuh cinta dengan alamnya.

Kawasan ini terletak di Desa Dieng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, atau 26 km sebelah utara Kota Wonosobo. Tidak sedikit traveler dalam dan luar negeri yang berkunjung ke tempat ini. Ada hamparan kebun teh, pemandangan yang hijau, udara yang segar dan sunrise-nya yang menawan.

Dari situs resmi pariwisata Indonesia yang dikunjungi detikTravel, Rabu (27/6/2012), Dieng berasal dari bahasa Sansekerta yaitu "Di" yang berarti tempat yang tinggi dan "Hyang" yang artinya tempat para dewa. Anda dapat menemukan komplek candi di kawasan ini. Candi-candi tersebut diberi nama sesuai keyakinan dan tokoh-tokoh cerita epik Mahabarata seperti Bima, Gatotkaca, Arjuna dan Srikandi. Diperkirakan, candi-candi tersebut dulunya digunakan oleh umat Hindu untuk beribadah.

Tidak hanya candinya saja, hamparan alam di tempat ini sungguh menggoda. Udara dingin yang sejuk akan Anda rasakan saat menginjakan kaki di kawasan dengan ketinggian 2.000 mdpl ini. Siapkan jaket Anda karena sekali-kali kabut tebal akan menghampiri tempat ini.

Ada banyak kecantikan yang dapat Anda lihat di Dataran Tinggi Dieng, antara lain Telaga Warna, kawah-kawah, komplek candi, dan juga hamparan kebun teh. Ada juga Dieng Pletau Theater yang menampilkan film dokumenter tentang alam, budaya, dan aktifitas vulkanik gunung berapi yang ada di Dataran Tinggi Dieng.

Saat matahari hendak terbit, berjalanlah ke atas puncaknya. Cahaya keemasan akan menghangatkan pagi Anda yang dingin oleh kabut yang menyelimuti. Ya, Sang Surya mulai muncul dari tidurnya dan menghangatkan siapa pun yang berada di tempat persemayaman dewa tersebut. Cantiknya wajib diabadikan dalam kamera.

Anda juga bisa berinteraksi dengan masyarakat Dieng dan bercengkrama dengan mereka. Jika ingin menginap, ada banyak homestay dengan harga yang berkisar puluhan hingga ratusan ribu rupiah.

Anda akan menemukan kesyahduan yang dibalut dengan pesona alam yang sungguh indah di Dataran Tinggi Dieng. Selamat berkunjung ke tempat persemayaman para dewa dan lihatlah keagungan alamnya.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED