Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 29 Mar 2013 15:30 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Pantai Oro, Yang Belum Tersentuh di Sumba

Hugo Dalupe
d'travelers
Foto 1 dari 3
Pantai Oro
Pantai Oro
detikTravel Community - Ada yang cantik di Sumba barat daya, NTT. Pantai Oro yang masih jarang dijamah manusia. Asri dan sepinya tiada dua, membuat Anda seperti berada di pantai pribadi.  

Pantai Oro mungkin masih terdengar cukup asing di telinga para wisatawan apalagi bagi orang awam. Ya, pantai yang indah ini terletak di Kecamatan Loura, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Dengan kemudahan akses transportasi saat ini, sangat mudah untuk menjangkau Pantai Oro. Dari Bandara Ngurah Rai, Bali, kita dapat menempuh penerbangan sekitar satu jam dan dua puluh menit menuju Bandara Tambolaka di Sumba Barat Daya.

Dari Tambolaka perjalanan semakin dekat untuk menjamah pantai yang masih perawan ini. Waktu 45 menit sampai 1 jam mungkin terasa lama untuk menempuh jarak hanya 14 km dari bandara.  Benar saja, kita akan melewati pengerasan jalan. Itulah sebabnya pantai ini sangat jarang dijamah.

Tidak ada angkutan umum menuju tempat wisata ini. Wisatawan perlu menyewa travel atau ojek yang menawarkan jasa. Wisatawan akan merambah jalan yang menantang. Hal ini membuat perjalanan kita semakin menyenangkan.

Setiba di pantai, dijamin wisatawan tidak akan menyesal. Perjalanan penuh tantangan sebelumnya terbayar dengan pemandangan pasir putih di rentang pantai yang sangat bersih. Pemandangan yang sungguh eksotik dan sangat memanjakan mata.

Tidak hanya itu, Pantai Oro memberikan suatu pengalaman wisata yang luar biasa. Oro memiliki pemandangan bawah laut yang khas. Kegiatan wisata seperti berjemur, memancing, diving, serta snorkeling dapat dilakukan di tempat ini. Sayangnya, belum terdapat fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan wisatawan untuk kegiatan-kegiatan tersebut.

Oro sangat cocok bagi wisatawan yang tidak terlalu suka keramaian pantai. Kita disuguhkan dengan sebuah keramahan alam yang membuat perasaan nyaman dan privasi yang terjaga. Serasa seperti di pantai pribadi.

Gugusan karang yang kokoh di pinggiran pantai menambah seru suasana. Pada beberapa sisi, deru ombak menerjang karang menjadikan suasana yang tiada duanya bagi wisatawan. Saat senja tiba, nantikan sunset yang indah. Hari Anda akan ditutup dengan sempurna.

Terdapat sebuah bungalow di sekitar pantai dapat dipilih menjadi tempat istirahat dan bersantai di malam hari. Atau kita dapat memilih beristirahat di sebuah perkampungan kecil sekitar 500 meter dari pantai. Perkampungan Oro yang sangat alami dan penduduk yang ramah dengan jamuan sirih dan pinang, khas penduduk lokal.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA