Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 05 Jun 2013 14:50 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Masjid Agung An-Nur, 'Taj Mahal' dari Riau

Kasri
d'travelers
Foto 1 dari 4
masjid tampak dari samping
masjid tampak dari samping
detikTravel Community - Tak perlu jauh-jauh ke India untuk melihat Taj Mahal. Di Pekanbaru, Riau ada Masjid Agung An-Nur yang mirip dengan Taj Mahal di Negeri Bollywood tersebut. Bedanya, kalau di Riau warna masjidnya dominan hijau.

Sabtu 11 Mei 2013 lalu, saya mampir ke Masjid Agung An-Nur yang berada di Jalan Hang Tuah, Pekanbaru. Saat itu, saya ingin menunaikan ibadah shalat Ashar dan bertemu dengan teman. Tapi sayang, sesampainya di sana ternyata salat berjamaah baru saja selesai. Sehingga, saya pun harus salat sendirian.

Bgaian dalam Masjid Agung An-nur sangat nyaman sekali. Tempat salatnya pun dingin, sehingga membuat hati semakin sejuk. Ibadah bisa lebih khusyuk.

Masjid ini memiliki dua lantai. Bagian atas untuk salat dan di bagian bawah ada perputaskaan, aula, ruang pertemuan, dan ruang kantor masjid. Untuk aula, bisa difungsikan sebagai resepsi pernikahan, seminar, dan lain-lain.

Di lingkungan Masjid Agung An-Nur, terdapat taman-taman yang indah. Di sana jugaterdapat tempat pendidikan, untuk TK, SD, SMP, dan SMA. Suasana masjid yang tenang memang cocok untuk belajar.

Mesjid Agung An-Nura dibangun tahun 1968 dan diresmikan oleh Gubernur Riau, Arifin Ahmad. Kemudia saat Gubernur Saleh Djasit menjabat, masjid ini mengalami renovasi besar-besaran. Sampai-sampai harus menggusur Stadion hangtuah, markasnya tim sepakbola PSPS Pekanbaru. Kini, Masjid AGung An-nur punya luas 12,6 hektar yang dulunya hanya 4 hektar saja.

Menariknya, masjid ini bersebelahan dengan Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Pekanbaru, yang hanya dipisahkan dengan Jalan Hang Tuah. Tapi, semuanya berjalan harmonis dan rukun dengan melaksanakan ibadah dan keyakinan masing-masing.

Masjid Agung An-Nur juga berdekatan dengan RSUD Arifin Achmad dan Fakultas Kedokteran Universitas Riau. Di dekat masjid ini, juga ada kolam renang bernama Kalinjuhang. Kolam ini merupakan kolam renang umum dan digemari masyarakat Pekanbaru. Kemudian markas Makorem 031/WB, juga tidak jauh dari masjid ini. Letak masjidnya memang strategis!

Kebetulan, saat itu saya datang pada sore hari. Jadi, terlihat banyak warga sekitar yang berolahraga di sekitar halaman amsjid. Ada yang jogging, main bola, sampai sepatu roda. Ada juga beberapa warga yang berjualan di sana.

Di antara kerumuman warga yang tengah berolahraga, ada dua orang yang saya kenal. Fendri Jaswir, mantan anggota DPRD Provinsi Riau yang kini maju lagi untuk periode 2014-2019 lewat Partai Amanat Nasional (PAN). Kemudian Irwan Siregar, pimred Harian Koran Riau Pesisir. Kami lalu berbincang-bincang.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED
Wisata Pantai

Pulau Rubiah, Surganya Ikan!

Minggu, 21 Okt 2018 19:08 WIB

Pulau Sabang adalah titik 0 kilometer Indonesia ada di sana. Wisata pantainya sangat banyak. Salah satu yang terkenal adalah Pulau Rubiah.

Wisata Pantai

Pantai Buat Santai di Jepara

Minggu, 21 Okt 2018 19:00 WIB

Kata siapa Jepara tidak punya pantai buat santai. Inilah Pantai Teluk Awur di Jepara yang asyik buat kamu datangi.