Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 11 Agu 2014 15:52 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Wisata Belanja di Malaysia, Johor Bahru Tempatnya

Aldo Tri Hartono
d'travelers
Foto 1 dari 3
Johor Premium Outlets
Johor Premium Outlets
detikTravel Community - Bagi kebanyakan orang, mendengar kata Johor Bahru di Malaysia, yang pertama kali terlintas adalah Legoland dan Hello Kitty Town. Tapi selain itu, ternyata Johor Bahru juga jadi destinasi wisata belanja. Harganya pun terjangkau.

Harga barang-barang. khususnya barang fashion cenderung lebih murah dibandingkan dengan di Kuala Lumpur atau Singapura. Saat liburan super singkat saya kemarin, saya dan teman-teman lebih memilih untuk explore tempat-tempat belanja di Johor Bahru daripada main di theme park.

Kebetulan saya dan teman-teman lagi kuliah di KL dan Singapura. Jadilah kita berangkat dari dua lokasi berbeda dan ketemu langsung di Johor Bahru.

Saya dan satu teman saya berangkat dari KL dengan pesawat AirAsia. Fyi, AirAsia sekarang sudah tidak mampir di LCCT lagi loh, tapi di KLIA2. Dan airport baru ini super keren sangat! Bahkan menurut saya jauh lebih keren daripada KLIA1 pendahulunya.

Singkat cerita, setelah 30 menit di atas udara kita sampai di Senai International Airport, Johor Bahru. Kemudian kita langsung naik taksi menuju ke hotel yang sudah kita reserve sebelumnya, Citrus Hotel.

Budget hotel ini lokasinya cukup strategis, ada di Persiaran Meldrum tepat di sebelah Johor Bahru City Square. Rate per malamnya juga lumayan friendly sama kocek mahasiswa.

Kita book family room untuk 3 orang dgn harga RM 229 (Rp 800.000) sudah termasuk breakfast. Beres check-in, langsung cari taksi ke first destination kita, Johor Premium Outlets. Fyi, taxi di Malaysia mostly tidak pakai argo, langsung dikasih harganya dan lumayan mahal.

Jadi saran saya buat yang mau cari taksi murah, download application MyTeksi. Sign up for free dan lewat apps itu bisa pesan taksi ber-argo. Cara pakainya juga gampang kok.

Sampai di Johor Premium Outlets, langsung kalap liat tulisan SALE di setiap toko. Fyi, Johor Premium Outlets itu sama seperti Premium Outlets di Korea atau Amrik. Di sini ada banyak tenant branded fashion seperti Burberry, Kate Spade, Armani, Coach, Guess, etc.

Barang yang mereka jual biasanya memang last season collections dengan harga super miring. Buat yang malas belanja dan butuh istirahat, di sini juga ada foodcourt, coffee stall, dan restaurant.

Rencana awal cuma 3 jam disini malah ngaret jadi 5 jam akibat kalap. Akibatnya kita tidak sempat ke KSL City, mall terbaru di Johor Bahru yang katanya harga barang-barangnya tidak kalah murah sama Mangga Dua. Sekitar pukul 5 sore kita balik ke hotel untuk mandi dan beres-beres belanja.

Pukul 8 malam kita keluar hotel dan menyusuri Persiaran Meldrum. Kalau dilihat di google images, daerah ini semacam chinatown yang banyak street food stalls nya, tapi ternyata foto memang menipu.

Padahal waktu itu malam minggu, tapi sepanjang jalan sepi dan kita cuma bisa nemuin street food stalls nya di dalam gang yang kebanyakan menjual seafood, makanan india dan nasi lemak.

Akhirnya kita makan di sebuah restoran steamboat di perempatan Persiaran Meldrum yang ternyata lumayan enak plus murah. Satu setnya cuma sekitar RM30 (Rp 100,000) dan banyak banget. Ada bakso ikan, aneka jenis kerang, udang, telur, mie, bihun, daging ayam, dan sayur-sayuran.

Setelah perut kenyang, kita langsung ke Johor Bahru City Square yang merupakan salah satu mall terbesar di Johor Bahru. Isi mallnya tidak jauh beda dengan kebanyakan mall di Jakarta.

Tapi harta karun mall ini justru ada di lantai teratas yang menjual baju-baju import Korea atau Thailand. Tapi karena pas kita sampai sudah lumayan malam, tidak banyak toko yang masih buka.

Sekian petualangan saya yang amat sangat sebentar namun berkesan di Johor Bahru ini. Walaupun tidak sempat menjelajah banyak tempat, tapi cukup puas bisa kumpul bareng teman-teman dan juga dapat sepatu brand Pedro dgn harga murah di Premium Outlets. And of course I won't resist for another visit to Johor Bahru!
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED