Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 04 Mei 2015 11:20 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Wisata Gratis di Bandung, ke Waduk Saguling!

Dail Choiri
d'travelers
Foto 1 dari 5
Pemandangan Bandung Barat dari sisi jalan
Pemandangan Bandung Barat dari sisi jalan
detikTravel Community - Waduk Saguling jadi salah satu tempat wisata gratis di Bandung Barat. Selain difungsikan untuk menghasilkan listrik tenaga air, waduk ini juga punya pemandangan indah yang asyik untuk dinikmati bareng keluarga atau sahabat.

Pada kesempatan kali ini, saya menjelajahi Waduk Saguling yang digunakan sebagai sumber Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Dinamakan Saguling karena memang terletak di Kecamatan Saguling, Bandung Barat.

Waduk ini bisa dimasuki gratis karena memang berada di kawasan jalur alternatif penghubung antar desa. Anda dapat menuju daerah Cililin maupun Soreang di Bandung selatan. Tidak ada angkot menuju waduk ini, yang ada hanya mobil pengangkut terbuka yang biasa digunakan penduduk desa untuk berkebun.

Maka dari itu, jika kebetulan pergi dari arah Bandung menuju Jakarta sangat disayangkan kalau saya tidak mampir. Begitu masuk, akan ada petugas keamanan yang akan membuka palang pintu menuju waduk, tanpa dikenakan biaya tiket masuk.

Kurang lebih 15 km saya lalui untuk mencapai Saguling yang ada di puncak bukit. Jalanannya meliuk-liuk dan terus menanjak. Pemandangan cantik berupa daratan Bandung Barat tampak sungguh indah. Sesekali bahkan saya dapat menikmati aliran air di dinding bukit yang membentuk air terjun kecil.

Traveler juga akan menemukan menara pengawas bendungan yang bentuknya mirip cerobong asap. Baru setelah itu akan menemukan persimpangan menuju waduk. Dari situ, saya melewati pemukiman kecil penduduk hingga akhirnya sampailah di waduk tersebut.

Begitu melihat waduknya, saya benar benar takjub. Waduk ini dibendung oleh jembatan besar yang telah dibeton. Jembatan ini membendung waduk serta guna menahan aliran air waduk tersebut.

Di sisi kiri jembatan terlihat pemandangan waduk. Disebelah kanannya ada hamparan perbukitan yang hijau. Ditambah lagi pemandangan air terjun kecil yang mengalir di dinding bukit, terasa bagai pemanis yang memanjakan mata.

Sebuah pemandangan yang jarang saya lihat. Sudah gratis, dapat pemandangan menakjubkan pula. Asyik!
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Azerbaijan Menggoda Turis

Rabu, 14 Nov 2018 12:10 WIB

Azerbaijan jadi salah satu negara dengan perkembangan pariwisata tercepat dunia. Terus genjot pariwisata, Azerbaijan rilis video tentang keindahan alamnya.