Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 11 Nov 2015 17:55 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Perjalanan Menantang ke Pantai Sawarna di Banten

Rachman
d'travelers
Foto 1 dari 5
Pantai Sawarna
Pantai Sawarna
detikTravel Community - Pantai Sawarna di Banten menawarkan pengalaman liburan yang berbeda untuk traveler. Pantai ini cukup populer, tapi perjalanan ke sini juga begitu menantang.

Akses menuju ke pantai Sawarna memang cukup sulit dan tampaknya belum menjadi perhatian pemerintah setempat. Lokasi tepatnya dari pantai Sawarna sendiri berada di kecamatan Bayah, kabupaten Lebak, Banten.

Saya bersama keluarga berangkat ke tujuan Pantai Sawarna dari Bekasi kurang lebih jam 11 malam untuk menghindari kemacetan yang biasa terjadi saat musim liburan. Kami berjalan melewati tol jagorawi menuju sukabumi terus lanjut sampai ke Pelabuhan Ratu.

Sesampainya di Pelabuhan Ratu kami berhenti sejenak di sebuah bukit di atas pantai untuk menikmati view yang indah dan memesona, dimana kami bisa melihat di kejauhan pantai dengan tebaran beberapa keramba saat matahari baru saja bangkit dari peraduannya.

Tidak lama kami berhenti di atas bukit tersebut untuk melanjutkan perjalanan menuju pantai Sarwana. Setelah melewati perbatasan provinsi Jawa Barat – Banten, mulai terasa kondisi jalan yang jelek dibanding saat kami masih berada di Pelabuhan Ratu yang kondisi jalannya masih cukup mulus dan bagus.

Selain kondisi jalan yg kurang bagus akses menuju ke pantai Sawarna juga cukup menantang karena akses jalan yang turun naik dan beberapa kemiringannya cukup curam.

Bahkan saat kami dalam perjalanan pulang ada spot jalan yang naik dengan curam dan beberapa mobil tidak kuat untuk memacu kendaraannya sampai di atas. Jadi buat kamu yang ingin berlibur ke Pantai Sarwana pastikan bahwa kendaraan yang kamu gunakan cukup baik kondisinya.

Sesampainya di tujuan kira-kira jam 07.30 pagi WIB cukup kesulitan mencari parkir kendaraan, karena area parkir yang sudah banyak dipadati oleh para wisatawan lainnya. Tidak ada area parkir khusus yang ada hanya lahan kosong dan sisi-sisi jalan yang dijadikan tempat parkir. Di sana memang kendaraan mobil tidak bisa di parkir di penginapan.

Penginapan-penginapan yang tersedia berada di dalam pedesaan dimana mobil tidak bisa masuk sampai ke sana. Akhirnya mobil kami diparkir di dalam pekarangan sebuah rumah penduduk yang berada di pinggir jalan.

Untuk menuju penginapan kami harus jalan kaki kira-kira 10 menit melewati jembatan kayu yang untuk melewatinya harus bergantian dengan orang yang berada di seberang, atau bisa juga menggunakan ojek motor bagi yang membawa banyak barang.

Dari tempat penginapan harus berjalan kaki lagi menyusuri jalan setapak dikampung untuk sampai di pantai. Pantai ini cukup indah kamu bisa menikmati ombak dan mandi di pantai ini dengan leluasa dan sepuasnya. Di sini juga kamu bisa bermain volly pantai.

Di ujung pantai terdapat batu-batu karang yang juga bisa kamu jadikan spot untuk berselfie ria. Kalau kamu lapar atau haus setelah bermain-main di pantai tidak usah khawatir karena di sekitar pantai banyak terdapat warung-warung yang menyediakan makanan dan minuman.

Untuk kamu yang ingin menikmati Pantai Sawarna, beberapa hal yang harus diperhatikan adalah siapkan kondisi kendaraan dengan baik, karena menuju ke pantai ini memiliki akses jalan yang cukup menantang. Kemudian bawa barang seperlunya saja agar tidak pegal saat membawanya ke penginapan.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED