Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 10 Feb 2016 11:46 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Cantiknya Gedung Lama Balai Kota Medan

Rudi Chandra
d'travelers
Foto 1 dari 4
Gedung Balai Kota Lama Medan
Gedung Balai Kota Lama Medan
detikTravel Community -

Gedung Balai Kota Lama adalah gedung peninggalan kolonial Belanda di Medan. Bangunan antiknya asyik untuk difoto oleh wisatawan.

Gedung Balai Kota Lama yang berarsitektur Eropa, masih berdiri hingga sekarang di tengah gedung-gedung bertingkat di kota Medan. Gedung yang berada di jalan Balai Kota dan tepat di depan Merdeka Walk ini dibangun pada tahun 1906 oleh arsitek bernama Hulswit.

Arsitektur khas Eropa klasik terlihat kental pada bangunan balai kota ini. Didominasi warna putih, membuat bangunannya terlihat begitu anggun dan elegan.

Di samping pintu masuknya terdapat pilar tinggi khas Yunani. Sedangkan jendelanya menggunakan lengkungan khas Romawi. Pada bagian atap bangunan juga terdapat menara jam yang sampai saat ini masih berfungsi dengan baik.

Dulunya bangunan ini merupakan gedung pertemuan bagi para petinggi Belanda. Setelah era kemerdekaan, dari tahun 1945 pada masa Walikota Mr Luat Siregar hingga pada masa Walikota Haji Agus Salim Rangkuty, gedung ini dijadikan gedung Balai Kota Medan hingga gedung baru kantor walikota usai dibangun.

Setelah itu bangunan ini sempat terlantar dan tidak terurus. Hingga satu dekade kemudian ada invenstor tertarik membangun hotel di belakang gedung balai kota ini dan gedung balai kota pun dijadikan kafetaria.

Saat ini gedung balai kota dikelola oleh pihak Hotel Grand Aston, selaku investor. Tetapi arsitektur bangunan masih tetap terjaga seperti aslinya hingga sekarang.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA