Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 29 Des 2015 10:20 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Ini Dia Gedung yang Punya Lift Pertama Kali di Medan

Rudi Chandra
d'travelers
Foto 1 dari 4
Gedung London Sumatera
Gedung London Sumatera
detikTravel Community -

Banyak bangunan bersejarah di Medan yang bisa dikunjungi saat liburan akhir tahun. Misalnya Gedung Lonsum yang ternyata jadi bangunan pertama dengan lift di Medan.

Gedung Lonsum atau London Sumatera adalah salah satu bangunan bersejarah di Kota Medan. Gedung bersejarah ini berada di Jalan Ahmad Yani tepat di depan Merdeka Walk.

Di sekitar gedung juga terdapat beberapa objek wisata heritage lainnya seperti Balai Kota, Gedung Bank Indonesia, Hotel Inna Dharma Deli dan Kantor Pos.

Gedung Lonsum selesai dibangun pada 1909, bersamaan dengan lahirnya Ratu Juliana. Pemiliknya adalah Perusahaan perkebunan karet Inggris Harrisons & Crosfield dan bergelut di bidang importir teh dan kopi. Setelah gedung ini dijual kepada pemerintah Belanda, namanya diubah sesuai nama putri Belanda menjadi Juliana Building.

Lalu setelah era kemerdekaan, kepemilikan Gedung Lonsum beralih ke tangan Indonesia. Gedung tersebut pun berganti nama menjadi PT PP London Sumatera dan masih bernama seperti itu sampai saat ini.

Arsitektur bangunan gedung ini dipengaruhi gaya Eropa yang dapat dilihat pada bentuk jendela di sisi kiri dan kanan. Sementara gaya arsitektur kolonial Belanda terlihat dari bentuk jendela panjang dan lebar plus tiang-tiang tangga besar di depan pintu masuk. sedangkan model bangunannya mengadaptasi dari gaya arsitektur rumah-rumah di London pada abad 18-19.

Lonsum juga merupakan gedung pertama di Medan yang memakai teknologi lift sehingga memudahkan pengguna bangunan berlantai lima ini. Bentuk lift seperti sangkar besi bermotif bunga dengan dekorasi art deco. Lift yang digunakan sejak tahun 1910 ini masih berfungsi baik hingga saat ini.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA