Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 10 Jan 2016 13:55 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Ke Bukittinggi, Belanja Suvenir T Shirt Kapuyuak

Foto 1 dari 5
Sarang Kapuyuak di Jl. Panorama No.4 Bukittinggi
Sarang Kapuyuak di Jl. Panorama No.4 Bukittinggi
detikTravel Community - Selain oleh-oleh makanan, wisatawan yang liburan ke Bukittinggi bisa membeli suvenir T Shirt yang menarik. Ada Kapuyuak dengan desain yang keren.

Saat ini hampir di setiap kota di Indonesia yang menjadi tujuan wisata memiliki ikon khas yang menjadi oleh-oleh. Begitu juga dengan Kota Bukittinggi, di sini kita bisa menemui Outlet Kapuyuak yang menjual kaos-kaos unik berkarakter Minang.

Tidak hanya kaos, outlet yang lebih disukai disebut sarang ini juga menjual topi, sweater, sandal, tote bag, syal dan tak ketinggalan gelang karet berwarna-warni bertuliskan Kapuyuak.

Dipilihnya kata Kapuyuak sebagai merek dagang yang artinya 'kecoak' dalam bahasa minang dengan tujuan mudah diingat oleh orang banyak. Awal berdiri Kapuyuak pada bulan Agustus 2010 dimana saat itu penjualan masih dilakukan melalui online.

Namun tingginya minat wisatawan yang berkunjung ke Bukittinggi yang merupakan salah satu kota tujuan utama berwisata di Sumatera Barat membuat pemilik Kapuyuak memutuskan mendirikan outlet. Sehingga orang yang berkunjung ke Bukittinggi bisa mampir sekaligus membelinya secara langsung.

Outlet yang pertama dibangun pada Maret 2011 di Jalan Sudirman No. 19 D Bukittinggi kemudian outlet kedua pada Oktober 2013 di Jalan Panorama No. 4 Bukittinggi. Namun meski sudah memiliki 2 outlet, penjualan via online masih tetap dilakukan melalui FB (Kaos Kapuyuak), Twitter (@kapuyuakkloting), Instagram (@kaoskapuyuak) dan website www.kapuyuak.id

Toko yang mulai buka dari pukul 08.00-21.30 WIB (saat weekend tutup pukul 22.00 WIB) selalu ramai dikunjungi pembeli karena karakter dan tulisan yang tercetak di produk yang dijual sangat kreatif serta terkesan lucu dengan tulisan bahasa Minang keseharian atau istilah-istilah lokal Minang. Ada juga motif yang bertuliskan pesan-pesan maupun peribahasa dalam bahasa Minang yang memiliki arti dan makna yang dalam seperti "Sawah Bapamatang, Jan Ditarah Se Sadonyo", "Harimau Maandokan Kuku'.

Tidak hanya motifnya saja yang berkonten bahasa Minang, dalam menyebutkan ukuran kaosnya jika pada umumnya menggunakan istilah S-M-L-XL dan XXL pada kaos Kapuyuak ditulis K-Ketek untuk ukuran Small, M-Manangah, G-Gadang dan GBK-Gadang BaKalabiahan untuk ukuran XXL

Ketika memasuki Sarang Kapuyuak, yang pertama kita lihat adalah galeri Angek-angek yang merupakan desain atau motif terbaru yang dijual. Setiap bulannya Kapuyuak selalu meng-update desainnya setidaknya 10 hingga 15 di bulan biasa.

Namun di saat musim liburan seperti saat Lebaran maupun Natal dan Tahun Baru bisa lebih dari 15 desain. Pembeli bisa memilih motif mana yang disukai dan tinggal bilang ke karyawan yang bertugas untuk diambilkan motif kaos tersebut.

Untuk harga produk yang dijual di Sarang Kapayuak cukup terjangkau yakni kaos Dewasa (Rp 85 ribu), kaos anak-anak (Rp 75 ribu), topi (Rp 75 ribu), sweater (Rp 190 ribu), sandal (Rp 35 ribu), tote bag (Rp 65 ribu), syal (Rp 75 ribu) dan gelang karet (Rp 15 ribu).

Keberadaan factory outlet yang inovatif, kreatif serta mengangkat konten lokal daerah seperti Kapuyuak patut diapresiasi. Penulis sendiri yang memang berdarah Minang asli merasa dengan memakai kaos produk kapuyuak seperti mempromosikan bahasa dan kebudayaan daerah minang ke banyak orang. Jadi jika ke Bukittinggi, yuk mampir ke Sarang Kapuyuak.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA