Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 29 Jan 2016 10:20 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Belajar Tentang Luar Angkasa di TMII, Bisa Banget!

Van Alvin
d'travelers
Foto 1 dari 5
Bagian dalam exhibition space
Bagian dalam exhibition space
detikTravel Community - Datang ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII), traveler bisa tamasya sambil belajar tentang luar angkasa. Caranya mudah, masuk saja ke wahana Skyworld.

Berkunjung ke Among Putro Sky World di TMII memberikan kesan berbeda dengan anjungan lain. Di sana kita bisa belajar lebih banyak mengenai luar angkasa sembari mengagumi betapa agung dan maha kuasanya Tuhan, yang telah menciptakan alam semesta beserta segala isinya.

Anjungan yang merupakan wahana baru di TMII ini berisi informasi mengenai ilmu astronomi. Ruang pamer dan fasilitas yang tersedia dibuat sangat menarik dan atraktif sehingga pengunjung tidak bosan. Exhibition Space, Digital Planetarium dan area foto 3D merupakan fasilitas tahap awal yang baru tersedia di sana.

Dibagi menjadi 2 kelompok, 50 orang d'Traveler peserta workshop menulis artikel bersama detikTravel yang diadakan Minggu (24/1/2016) lalu, berkesempatan untuk mengunjungi wahana ini. Jika pengunjung umum dipungut biaya Rp 40.000 untuk masuk ke sana, kami bisa masuk secara gratis!

Masuk ke Exhibition Space, pengunjung bisa melihat poster-poster yang berisi informasi mengenai astronomi. Ada cerita peradaban masa lalu yang berkaitan dengan ilmu perbintangan, sejarah perkembangan roket, penjelajahan mars, UFO, proses terbentuknya bintang dan perbandingan ukuran bumi dengan alam semesta. Tidak hanya poster, di area ini juga ada miniatur roket peluncur satelit lho.

Pindah ke Digital Planetarium, di sana pengunjung akan diajak berpetualang ke luar angkasa melalui media real time yang ditayangkan di langit-langit berbentuk kubah. Sambil rebahan seakan-akan sedang menatap langit, pengunjung diajak berkeliling ke luar angkasa.

Pemandu membawa para pengunjung ke planet-planet dan bintang-bintang di luar angkasa. Termasuk mengenalkan nama rasi bintang yang populer dan bermanfaat untuk navigasi. Pokoknya atraktif sekali!

Di sinilah saya merasa sadar betapa kecilnya manusia di mata Tuhan. Triliunan bintang dan segala isi alam semesta yang tak terhitung jumlahnya dapat diciptakan begitu indah dan dikendalikan oleh Yang Maha Kuasa dengan sangat mudah.

Sedangkan miliaran manusia dengan segala ilmunya tidak mampu untuk menjaga bumi ini agar tetap lestari. Bahkan sepertinya semakin hancur dari tahun ke tahun.

Lanjut ke bagian terakhir, ada area foto 3D. Di sana pengunjung dapat berfoto menggunakan pakaian astronot dengan beragam latar belakang yang memberikan efek 3D.

Usai jalan-jalan ke 'luar angkasa', peserta berkumpul di perpustakaan TMII untuk berbagi cerita seru selama mengikuti pelatihan. Ada yang bercerita mengenai Among Putro Sky World dan ada pula tentang keseruan saat mengekplorasi Taman Budaya Tionghoa yang juga menjadi salah satu destinasi hari itu. Penutupan acara pun dimeriahkan dengan pembagian doorprize bagi beberapa peserta yang ceritanya paling seru.

Terimakasih kepada detikTravel yang telah memberi bekal cara menulis kisah perjalanan yang baik dan benar kepada d'Traveler. Semoga saja dengan semakin banyak destinasi yang dikunjungi dan ilmu yang didapat, akan semakin takjublah kita akan keagungan Tuhan yang telah mencitapkan bumi dan alam semesta ini.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA