Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 19 Okt 2016 15:30 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Yang Orang Belum Tahu, Tebing Sampuran Harimau di Asahan

Rudi Chandra
d'travelers
Foto 1 dari 4
Tebing Sampuran Harimau
Tebing Sampuran Harimau
detikTravel Community - Nama Asahan di Sumatera Utara memang belum populer di kalangan traveler. Tapi di sana ada Tebing Sampuran Harimau yang mempesona.

Sampuran Harimau dulunya dikenal sebagai sebuah air terjun berdebit besar yang saking besarnya aliran air terjunnya hingga terdengar seperti auman harimau.

Namun kini karena aliran sungainya yang telah dijadikan bendungan pembangkit listrik, air terjun ini secara perlahan terlupakan. Lokasi persisnya berada di di Desa Tangga, Kecamatan Aek Songsongan, Kabupaten Asahan.

Akan tetapi meski tidak lagi dikenal sebagai objek wisata air terjun, Sampuran Harimau yang berada di dalam kawasan Ngarai Sigura-Gura kini lebih dikenal para pencinta panjat tebing atau rock climbing sebagai salah satu spot panjat tebing yang populer.

Karena berada di dalam kawasan ngarai, maka Sampuran Harimau ini pun memiliki tebing-tebing batu yang menjulang di sisinya.

Beberapa tebing tersebut mencapai ketinggian hingga 215 meter dengan sudut kemiringan vertikal 90 derajat. Karena itu, tebing di Sampuran Harimau ini dikategorikan sebagai tebing yang cukup garang dan ekstrim.

Karena keekstrimannya, Tebing Sampuran Harimau ini pun menjadi tempat latihan komunitas Panjat Tebing Asahan dan sering juga dipanjat para pemanjat profesional yang berhasrat menaklukkan puncaknya.

Bahkan Patrick Berhault, pemanjat asal Perancis pernah berbagi ilmu panjat tebing dengan pemanjat-pemanjat Indonesia atas undangan Menpora di tebing ini.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA