Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 28 Des 2016 11:55 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Ini Nih Taman Bunga yang Lagi Hits di Jambi

rudi_rachmat
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Gerbang Taman Bunga Hestis Garden
Gerbang Taman Bunga Hestis Garden
detikTravel Community - Long weekend di Jambi kali ini, traveler bisa wisata ke taman bunga nan asri. Wisata ke taman bunga itu kini begitu digemari turis.

Surga di Kabupaten Merangin, kendati itu hanya sebuah surga buatan! Demikian kesan pertama bagi penulis tatkala menginjakkan kaki di gerbang taman bunga seluas 1 hektar ini. Hesti's Garden, itulah nama taman bunga yang tepatnya terletak di Desa Madras, Kecamatan Jangkat.

Nama itu tertulis besar-besar di gerbangnya. Kata Hesti diambil dari nama pemilik taman itu, Hesti Hesnidar Haris, yang juga merupakan istri Bupati Merangin, Provinsi Jambi. Taman bunga yang dibuat sejak awal tahun 2016 ini kini menjadi daya tarik dan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat kita berada di Kabupaten Merangin.

Taman ini setidaknya mengoleksi 25 jenis tanaman bunga dari krisan, miana, dahlia, begonia, kana merah, matahari, krokot, hanjuang merah, jengger ayam dan lain-lain. Baik yang tersebar di areal taman maupun yang ditempatkan khusus di dalam rumah plastik.

Di antara setiap kelompok tanaman bunga tentunya dibuatkan lorong agar pengunjung dapat menyusuri dan berfoto di antara bunga-bunga tanpa harus merusaknya. Untuk itu, pengunjung juga diharapkan bisa menjaga sikap serta tingkah laku demi ikut serta memelihara keasrian taman dengan tidak memetik bunga. Karena bagaimanapun inilah taman kebanggaan bersama.

Bunga-bunga tertata dengan apiknya. Bahkan ibunda Hesti turut terjun langsung mendesain taman dan selalu berada di situ setiap hari untuk menyapa pengunjung. Tatanan aneka koleksi tanaman bunga ini sebelumnya memang banyak tumbuh di setiap pekarangan rumah penduduk di Kecamatan Jangkat, di mana ibunda Hesti tinggal.

Hampir setiap PKK desa di sana memiliki taman bunga mini yang dipenuhi bunga nan indah dan memesona. Sungguh tidaklah berlebihan apabila dikatakan bahwa Jangkat merupakan kecamatan yang bersih dan menawan karena kaya akan tumbuhan bunga berwarna-warni serta beraneka rupa di sana-sini di segala sudutnya.

Hal inilah yang menginspirasi pembuatan Hesti's Garden di Desa Madras. Harapannya taman ini akan menjadi sarana yang nyaman guna menyejukkan hati dan mata bagi warga Jambi dan sekitarnya, yang dipercaya akan mendatangkan wisatawan.

Itu terbukti ketika hari raya Idul Fitri lalu, taman ini padat disambangi oleh para penikmat pariwisata. Baik dari Jambi maupun dari luar daerah seperti Jakarta dan Bandung.

Taman ini senantiasa buka setiap hari dari pagi hingga petang, menikmatinya tanpa dipungut biaya retribusi. Di dalam kita juga dapat mempelajari beraneka-ragam bunga melalui galeri serta album yang disediakan.

Ke depannya, menurut rencana taman ini akan diperluas serta ditambaj jenis bunga juga dilengkapi tanaman buah. Untuk menjangkaunya bisa ditempuh dengan perjalanan berkendara selama 3 jam dari kota Bangko, selaku pusat pemerintahan Kabupaten Merangin.

Selama perjalanan, mata kita akan disegarkan dengan pemandangan hutan serta Gunung Hulu Nilo dan Gunung Masurai juta perbukitan yang ditumbuhi berbagai tanaman sayur-mayur nan hijau.

Selain itu, kita juga dapat mampir ke Air Terjun Puti Dabeer di Dusun Peradun Tebares, Air Terjun Segerincing di Dusun Tuo, Danau Pauh di Desa Pulau Tengah dan Danau Depati Empat serta pemandian air panas Grao Sakti di Desa Renah Kemumu.

Setelah dari taman ini, kita dapat pula mampir ke Telaga Biru di Desa Tanjung Alam. Yang pasti, Kabupaten Merangin akan membuat kita terpesona akan kendahan alamnya juga keramahan masyarakatnya.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED