Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 17 Apr 2017 11:37 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Pantai Pasir Putih Bulukumba, Mandala Ria

basri bachtiar
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Papan Selamat Datang di Pantai Mandalaria
Papan Selamat Datang di Pantai Mandalaria
detikTravel Community - Sulawesi selatan seperti tak kehabisan tempat untuk di eksplor. Kini ada pantai nan teduh di Bulukumba, Mandala Ria.

Dari kejauhan keindahan laut sudah terlihat. Menelusuri jalan kecil dengan jalan yang sedikit rusak. Jalan berkelok dengan turunan tajam. Jalan dengan sisi kanan dan kiri pepohonan besar dan tak jarang berupa dinding batu besar.

Semakin mendekat semakin terlihat kilauan pasir putih dan beberapa perahu yang sedang dibuat oleh para pekerja. Pantai Mandalaria, sungguh menampilkan pemandangan yang menakjubkan.

Pantai Mandalaria merupakan salah satu dari banyaknya pantai di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Pantai yang berada di Desa Ara, Kecamatan Bontobahari ini memiliki pasir putih yang berderai halus dan air laut yang sangat jernih.

Pantai Mandalaria memiliki nilai sejarah karena dahulu di pantai inilah Panglima Mandala memesan puluhan kapal dalam rangka pembebasan Irian Barat dari kolonial Belanda. Oleh karena itu pantai ini dinamakan Pantai Mandalaria.

Untuk menuju pantai ini sangat mudah karena sudah banyak petunjuk arahnya. Jika kita dari Makassar, pertama kita harus menuju Kabupaten Bulukumba dengan waktu tempuh kurang lebih 4 jam.

Setelah memasuki Kabupaten Bulukumba, kita tinggal mengikuti jalan poros Bulukumba-Bira. Jalan Poros ini cukup panjang dan pemandangan yang terlihat sangat bagus. Setelah menempuh waktu kurang lebih 45 menit, kita akan menemukan papan petunjuk menuju Apparalang disebelah kiri jalan.

Kita belok kiri dan tinggal mengikuti papan petunjuk jalan saja. Disaat pertigaan masuk ke Apparalang, kita tinggal lurus saja nanti kita akan menemukan pertigaan kembali dan terdapat petunjuk belok kanan untuk menuju Pantai Mandalaria.

Jalan yang dilewati masih sedikit rusak dan berbatu dengan jalan yang menurun tajam sehingga sangat perlu diperhatikan kondisi kendaraan yang kita bawa karena ketika perjalanan pulang harus melewati tanjakan tajam dan berkelok dengan kontur berbatu.

Selain pantai yang indah, di Pantai ini juga kita dapat melihat para pembuat kapal phinisi. Pantai ini memang terkenal akan sentra pembuatan kapal. di pantai ini berbaris beberapa kapal yang sedang dalam tahap pengerjaan.

Walau Pantai ini indah dan bernilai sejarah, akan tetapi pantai ini masih belum dikelola dengan baik karena pantai ini masih sedikit kotor dengan sisa-sisa kayu pengerjaan kapal sehingga sedikit menggangu pemandangan. Oh iya di Pantai ini juga sudah ada Cottage yang cukup terkenal yaitu Pajokka.

Ayo ke Bulukumba!
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED