Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 28 Feb 2017 11:14 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Jepang? Bukan, Ini Sakura di Kebun Raya Cibodas

Muhammad Catur Nugraha
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Pohon sakura tertua di Kebun Raya Cibodas
Pohon sakura tertua di Kebun Raya Cibodas
detikTravel Community - Bunga Sakura sangat identik dengan Jepang, karena merupakan bunga nasional dari Negeri Matahari Terbit itu. Tapi di Cibodas, kita juga bisa lihat sakura!

Banyak orang memimpikan bisa ke Jepang hanya untuk melihat bunga sakura terutama di saat musim semi yaitu sekitar akhir bulan Maret hingga akhir Juni.

Namun, kini untuk melihat kecantikan bunga sakura tidak perlu jauh-jauh ke Jepang. Di Indonesia tepatnya Kebun Raya Cibodas, anda bisa menyaksikan bunga-bunga sakura bermekaran terutama di bulan Januari hingga Februari.

Informasi tentang mekarnya bunga sakura di Kebun Raya Cibodas saya ketahui dari laman Facebook Kebun Raya Cibodas (KRC). Di minggu keempat Februari, pihak pengelola laman tersebut mengunggah foto bunga-bunga sakura yang sedang bermekaran.

Tertarik melihatnya secara langsung, saya pun memutuskan mengunjungi Kebun Raya Cibodas. Untuk menuju Kebun Raya Cibodas dari Jakarta sangatlah mudah. Dari Terminal Kampung Rambutan, anda cukup cari bus yang mengarah ke Cianjur via Puncak, turun di pertigaan Cibodas atau sebelum RSUD Cimacan lalu dilanjutkan dengan naik angkot berwarna kuning dan turun tepat di depan pintu masuk Kebun Raya Cibodas.

Untuk masuk ke dalam Kebun Raya Cibodas kita harus membeli tiket masuk dengan harga yang terjangkau yaitu Rp 9.500

Untuk melihat bunga sakura kita bisa mendatangi Taman Sakura yang merupakan salah satu dari koleksi taman yang ada di Kebun Raya Cibodas. Taman Sakura ini dibangun pada Maret-Desember 2007 dengan luas 6.647 meter persegi.

Taman ini dibangun menggunakan konsep Japanese style dan berada di lokasi yang cukup strategis. Koleksi yang terdapat di Taman Sakura ada 4 jenis yaitu Prunus cerasoides D. Don, Prunus arborea (Blume) Kalkman, Prunus costata (Hemsl) Kalkman, dan Prunus Sp.

Jenis Prunus cerasoides bisa berbunga 2 kali dalam setahun, yaitu sekitar bulan Januari-Februari dan Juli-Agustus. Munculnya bunga sakura sangat dipengaruhi oleh hujan dan suhu udara.

Selain di Taman Sakura, pohon sakura juga bisa dijumpai di sekitar danau, di depan Kafe Kebun Raya Cibodas (Kavling Q2) dan di depan rumah kaca.

Pohon sakura yang berada di depan Kafe Kebun Raya Cibodas merupakan pohon sakura yang pertama kali ada disini. Pohon ini ditanam pada masa penjajahan Belanda tahun 1938, oleh peneliti Belanda.

Memang dari bentuknya pun sudah terlihat karena pohon sakura di depan kafe Kebun Raya Cibodas memiliki ukuran yang paling besar dan tinggi diantara yang lainnya. Ketika saya kunjungi pohon ini telah mekar sepenuhnya.

Dari kejauhan ia sudah menampakan kecantikannya, sebuah pohon dengan ranting-ranting berhiaskan bunga sakura berwarna merah muda di tengah warna hijau rerumputan dan pohon-pohon tua koleksi KRC.

Keindahan bunga sakura di KRC dapat dinikmati sekitar 4 hari dan lamanya pembungaan dari sejak tumbuh kuncup hingga gugur adalah sekitar 1 minggu. Jadi tunggu apalagi, ayo ke Kebun Raya Cibodas!
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED
20detik

Pesisir Selatan Jatim Berpesta di FKKS

Minggu, 22 Okt 2017 15:04 WIB

Pembukaan Festival Kesenian Kawasan Selatan (FKKS) di Pantai Prigi, Kabupaten Trenggalek berlangsung meriah. Ini dia video gambaran kemeriahan tersebut.