Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 17 Apr 2017 14:50 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Punya 2 Warna, Ini Air Terjun Unik di Sumba

Arya Martin
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Air Terjun Tanggedu berasal dari dua sumber air
Air Terjun Tanggedu berasal dari dua sumber air
detikTravel Community - Sumba lagi-lagi menunjukkan kekayaan alamnya. Lewat air terjun 2 warna, air terjun berpotensi jadi destinasi unggulan. Namanya air terjun Tanggedu.

Jika berkunjung ke pulau Sumba, jangan lewatkan ke air terjun yang satu ini. Letaknya di kabupaten Sumba timur tepatnya di kecamatan Kanatang desa Tanggedu.

Air terjun yang di beri nama sesuai dengan nama desa tempat air terjun ini berada kini sedang hangat dibicarakan oleh masyarakat karena keunikannya. Saya dan beberapa teman awal tahun lalu berkesempatan mengunjungi air terjun ini.

Perjalanan kami dimulai dari kota Waingapu di Sumba Timur menggunakan mobil. Kami akan menempuh perjalanan sejauh 45 km.

Sepanjang perjalanan kami di suguhkan pemandangan perbukitan khas Sumba Timur dengan hewan-hewan ternak yang berkeliaran bebas padang rumput. Kondisi jalan menuju Tanggedu cukup membuat kami khawatir, karena sebagian jalan belum teraspal dengan baik dan berkelok-kelok. Sebelum tiba di desa Tenggedu kami melintasi desa Mondu dan kampung adat Prainantang yang berada di tengah perbukitan.

Setelah memarkir kendaraan dekat rumah warga, kami harus melanjutkan perjalanan dengan tracking menyusuri ladang warga. Air terjun Tanggedu letaknya ada di antara tebing bebatuan, kami harus lebih berhati-hati ketika turun ke bibir sungai.

Setibanya di Air terjun Tanggedu, semua kelelahan kami terbayar dengan keindahannya. Namun sayang, air sungai saat itu sedang tidak jernih karena semalam turun hujan.

Air terjung Tanggedu memiliki dua sumber air yang berbeda, hal ini pula yang menyebabkan warna air berbeda. Bersantai di tepi air terjun dengan mendengerkan gemericik air yang turun sungguh menyejukan perjalanan kami yang cukup melelahkan.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED