Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 07 Mei 2017 09:27 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Kepulauan Balabalagan, 'Surga' Tersembunyi di Selat Makassar

Edelweiss Blogger
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Pulau Lamudaan
Pulau Lamudaan
detikTravel Community - Akhir pekan ini, bertualanglah ke Kepulauan Balabalagan. Inilah surga tersembunyi yang bisa kamu jumpai di Selat Makassar. Seperti punya pulau pribadi!

Balabalagan adalah gugusan kepulauan yang terletak di Selat Makassar. masih termasuk dalam lanjutan dasar benua Pulau Kalimantan. terletak di perairan dangkal selat makassar antara pesisir Kalimantan Timur dan Palung Sulawesi.

Kepulauan Balabalagan adalah rangkaian pulau-pulau dan gusung yang dapat di akses dari pesisir Kota Balikpapan dan Tana Grogot, Kalimantan Timur dan Mamuju, Sulawesi Barat.

Sebenarnya nama asli Balabalagan adalah Kepulauan Bala-balakang. namun karena salah pemahaman antara pengucapan dan penulisan sejak tahun 2012, hingga sebutan Balabalagan lebih terkenal karena mudah diucapkan oleh para pendatang.

Berdasarkan Wikipedia, Kepulauan Bala-balakang terdiri dari 14 pulau. berdasarkan pengalaman saya sebagai Explorer & Blogger Traveller, ada banyak gusung dan pulau yang sudah saya jelajahi dari rentang waktu 2013 hingga 2017 dalam 18 kali perjalanan ke Balabalagan.

Ada 17 pulau bernama, dan 3 diantaranya belum saya jelajahi. 12 Pulau berpenduduk dan 6 pulau tidak berpenduduk. Ada 10 gusung yang bernama yang saya tahu, selebihnya masih banyak gusung tak bernama yang tersebar di seluruh perairan Balabalagan yang belum pernah di dokumentasikan potensi bawah lautnya.

Nama-nama pulau tersebut antara lain Pulau Salissingan, Pulau Durian, Pulau Kamariyang Besar, Pulau Kamariyang Kecil, Pulau Samataha, Pulau Saboyang, Pulau Popoongan, Pulau Sabakattang, Pulau Sumanga, Pulau Anak Sumanga, Pulau Lamudaan, Pulau Malember besar, Pulau Malember Kecil, Pulau Labia, Pulau Seloang, Pulau Tapilagaan, dan juga Pulau Ambo.

Sementara untuk gusung alias gugusan karangnya, ada Gusung Tandu (3 rangkaian gusung), Gusung Karang Sauh (2 rangkaian Gusung), Gusung Sumanga, Gusung Lalungan (3 rangkaian Gusung), Gusung Popoongan, Gusung Samataha, dan juga Gusung Lamudaan.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED