Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 17 Mei 2017 11:29 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Thanaka, Bedak Tradisional Anti Panas dari Myanmar

Martha Simandjuntak
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Penduduk setempat memakai Thanaka di wajah mereka
Penduduk setempat memakai Thanaka di wajah mereka
detikTravel Community - Traveling ke Myanmar, jangan kaget kalau melihat pipi gadis lokal berwarna putih. Itulah Thanaka, bedak tradisional penahan panas asli dari Myanmar.

Untuk di beberapa negara yang mempunyai iklim panas, kadang penduduk lokal memiliki cara untuk melindungi kulit, khususnya kulit muka dari sengatan sinar matahari.

Di Indonesia bagian timur, mereka menggunakan bedak yang terbuat dari rumput laut. Di daerah jawa, penduduk menggunakan bedak yang terbuat dari beras. Di Kota Bagan, Myanmar, mereka menggunakan bedak yang dibuat dari bagian dalam batang kayu pohon tertentu.

Mereka menyebut bedak ini dengan nama Thanaka. Bedak ini bisa didapat dalam bentuk jadi yang sudah dikemas dan ditambahkan aroma tertentu atau masih berupa potongan kayu.

Cara membuat Thanaka tidak sulit. Potingan kayu tersebut di gosok-gosokkan ke satu alat yang terbuat dari batu, yang sebelumnya sudah diberi air sedikit. Hasilnya bisa langsung digunakan.

Kulit yang di oleskan Thanaka langsung terasa dingin, dan kulit jadi terlindung dari panas sinar matahari. Menarik bukan?
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Foto: Shinkansen Made In China

Sabtu, 23 Sep 2017 23:15 WIB

China punya kereta 'Shinkansen' baru bernama Fuxing. Kereta cepat ini mampu melaju dengan kecepatan 400 Km/jam. Traveler mesti coba kalau liburan ke China.