Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 05 Apr 2017 13:07 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Wisata Kuliner Eskrim yang Melegenda di Surabaya, Zangrandi

Widi Arini
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
salah satu es krim favorit pengunjung berbahan dasar alpukat
salah satu es krim favorit pengunjung berbahan dasar alpukat
detikTravel Community - Surabaya memang identik dengan cuacanya yang terik. Saat jalan-jalan di siang hari coba segarkan diri di kedai eskrim Legenda bernama Zangrandi.

Zangrandi adalah sebuah resto eskrim yang berada di jalan Yos Sudarso, Surabaya dan berdiri sejak 1930. Letaknya tepat di seberang Balai kota dan dekat dengan bioskop Mitra. Restonya yang tepat di depan jalan raya sangat memudahkan para pengunjung untuk mencapainya.

Resto sederhana ini berasal dari sebuah keluarga berkebangsaan Italia yang bernama Roberto Zangrandi. Beliau berkerjasama dengan istrinya meracik resep membuat eskrim yang lezat dan ternayta resep inilah yang menjadi kunci kesuksesan Resto Zangrandi ini. Resep ini pula lah yang diwariskan secara turun temurun hingga saat ini.

Eskrim Zangrandi terkenal akan kelezatan yang tiada duanya karena generasi pembuatnya tidak pernah merubah cara pengolahan eskrim tersebut. Nilai plusnya adalah eskrim disini menggunakan bahan alami, jadi aman bagi kesehatan.

Awalnya Zangrandi hanya memiliki empat rasa yakni Vanilla, coklat, Strowberry dan moka, serta tiga pilihan menu seperti Tutti frutti, Macedonia dan Eskrim soda. Pada zamannya Zangrandi menjadi salah satu pionir usaha es krim di Surabaya yang sukses.

Hingga pada akhirnya tahun 1960, keluarga Roberto Zangrandi bersama keluarganya memutuskan meninggalkan Surabaya dan resto plus resepnya dijual kepada seseorang bernama Adi Tanumulia. Adi Tanumulia berlatar belakang pengusaha Winery inilah yang berperan memodifikasi resep dasar dari Roberto Zangrandi hingga saat ini.

Di Zangrandi ini menu utamanya adalah eskrim, tapi jangan khawatir mereka juga menyediakan aneka penganan asin, seperti siomay, pastel, kroket, risoles, kentang goreng dan lain sebagainya.

Oh iya, disini pengunjung juga bisa memesan pizza, tapi sayangnya hanya bisa dipesan mulai jam dua siang. Alasannya sih karena kokinya baru datang pukul 14.00.

Untuk tempatnya sendiri cukup luas dan nyaman sehingga bisa menampung banyak pengunjung. Range harga yang mereka tawarkan di kisaran Rp 40.000 keatas. Yuk makan eskrim!
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED