Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 07 Jun 2017 14:46 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Curug Jenggala: Wisata Air Terjun yang Instagrammable

Rizki Ramadan
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Selfie deck berbentuk hati sejajar dengan curug
Selfie deck berbentuk hati sejajar dengan curug
detikTravel Community - Kalau berlibur ke Purwokerto, sempatkan diri untuk datang ke Curug Jenggala. Air terjun ini populer karena cantik dan instgenic.

Curug Jenggala berada tidak jauh dari pusat Kota Purwokerto, sekitar tiga puluh menit ke arah utara, lebih tepatnya Kecamatan Baturraden, Dusun Kalipagu, Desa Ketenger.

Dusun Kalipagu termasuk ke dalam area hutan wilayah Banyumas Timur. Memasuki area ini hanya perlu membayar karcis masuk sebesar Rp 5.000 saja. Disana terdapat banyak spot wisata alam, salah satunya Curug Jenggala yang trending di sosial media.

Untuk mencapai air terjun, wisatawan harus berjalan kaki lebih dahulu, melewati pipa PLTA, menuju ke arah bendungan. Di titik ini, akan terlihat gagahnya Gunung Slamet ketika cuaca sedang cerah. Di sepanjang kanan kiri, masyarakat lokal berdagang menjajakan makanan dan minuman.

Sampainya di bendungan, pengunjung dapat menyebarangi jembatan kayu lalu menanjak sedikit. Selamat Datang di Wisata Alam Jenggala Kalipagu, seperti yang tertulis di gapura bambu.

Jalanan tanah bertangga namun sangat rapi disekat oleh bambu. Kanan-kiri tumbuhan hijau memanjakan mata. Udara segar dan juga masih terasa alami. Terdengar samar-samar suara air jatuh. Dari titik ini, hanya sekitar berjalan sepuluh menit lagi.

Di sekitaran area bekas pepohonan yang ditebang, ditanami banyak spesies macam-macam bunga. Lalu melewati jalanan air yang kecil dengan bebatuan. Banyak pula ditemui gazebo untuk sekedar beristirahat. Tersedia pula keranjang sampah dan papan informasi mengenai jarak ke arah curug.

Jalan berbelok lalu naik. Tampak air terjun derasnya mengalir ke bawah. Terbagi ke dalam tiga bagian aliran yang termasuk aliran Kali Banjaran. Berasal dari hulu mengalirkan air jatuh deras dan dramatis. Ciri khas curug ini adalah selfie deck berbentuk hati yang dibangun sebagai tempat khusus berfoto. Ada pula area untuk mengambil foto yang letaknya dibuat meninggi.

Untuk menggunakan area swafoto, pengunjung dilarang memakai alas kaki untuk menjaga kebersihan dan keberlanjutan fasilitas yang ada. Bahkan, pihak pengelola mengawasi aktivitas wisatawan untuk meminimalisir pelanggaran, sekaligus bertugas membersihkan area itu.

Berjalan ke depan, memperhatikan sekitaran area itu, di bagian bawahnya, batu-batuan mengumpul ditimpa derasnya air yang jatuh. Saking derasnya sampai menimbulkan gradasi pelangi yang dapat dilihat dari sudut sebelah kanan. Sangat indah dan apik.

Rasanya sangat dimanjakan sekali berada disana. Tumbuhan rapi berwarna-warni, dengan pesona curug yang indah, sekedar bersantai mendengar suara-suara alam adalah hal sederhana yang membahagiakan. Atau mencoba berswafoto ria di atas selfie deck? Pulang-pulang membawa hasil foto yang ngehits. Yuk berkunjung ke Curug Jenggala!
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED