Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 20 Jun 2017 15:41 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Sehari Jadi Ahli Bikin Cokelat di Sumba

I Gede Leo Agustina
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Belajar membuat coklat di Chocolate Factory, Nihiwatu, Sumba
Belajar membuat coklat di Chocolate Factory, Nihiwatu, Sumba
detikTravel Community - Menginap di Resort Nihiwatu, Sumba, traveler bisa menjajal aktvitas membuat cokelat. Dalam sehari, dijamin langsung mahir membuat coklat yang enak dan lezat.

Beruntung, kali ini saya berkesempatan untuk ikut membuat langsung proses pembuatan coklat mulai dari pengolahan biji hingga pengemasan.

Nihiwatu adalah sebuah resort yang berada di Sumba, Nusa Tenggara Timur. Telah menyandang predikat sebagai 1st the best hotel in the world 2016 versi majalah travel and leisure.

Ada yang menarik di sini, yaitu keberadaan chocolate factory, dimana pengunjung bisa melihat bahkan ikut langsung membuatnya.

Di sini saya di pandu langsung oleh karyawan Nihiwatu yaitu Inez dan Hendrika untuk membuat coklat. Inez menjelaskan dari awal mulai dari pemilihan biji kakao/ coklat yang menggunakan coklat organik.

Setelah dipilih biji coklat kering yang berkualitas mulailah dengan proses penggilingan hingga menjadi bubuk. Bubuk coklat ini kemudian dimasukan ke dalam sebuah mesin untuk bland hingga menjadi coklat yang meleleh. Coklat yang meleleh ini kemudian dibekukan hingga menjadi seperti bongkahan coklat yang siap untuk diolah lagi.

Saat itu saya berkesempatan membuat coklat dengan kadar 70%. Dari bongkahan coklat tadi kemudian di masukan lagi ke dalam alat untuk melelehkannya kira-kira dengan suhu 60 derajat Celsius. Kata Ines suhunya jangan terlalu panas karena bisa membuat rasa coklat menjadi seperti gosong.

Setelah beberapa menit didapatkan coklat yang sudah meleleh sempurna, tapi ini tidak bisa langsung dicetak, harus didinginkan hinga suhu mencapai 30 drajat Celsius sambil diaduk-aduk perlahan.

Setelah coklat mencapai suhu 30 derajat Celsius, kemudian kita tuang ke dalam meja yg terbuat dari marmer diaduk-aduk, diratakan hingga menjadi keras lagi, ini disebut dengan proses kristalisasi tujuannya agar nantinya coklat tidak gampang meleleh.

Setelah selesai proses kristalisasi, coklat yang sudah agak mengeras/ membeku ini di panaskan lagi dalam alat dengan suhu 30 derajat celsius sambil diaduk-aduk hingga meleleh dengan sempurna dan tidak terdapat gumpalan.

Setelah selesai proses melting atau melelehkan, barulah masuk ke dalam proses pencetakan. Coklat yang sudah meleleh ini dituang ke dalam cetakan sambil diratakan dan agak dihentak-hentakkan agar tidak terdapat gelembung udara.

Barulah coklat-coklat dalam cetakan ini didinginkan dalam lemari pendingin kurang lebih dua jam. Setelah proses pendinginan selesai, coklat-coklat ini dikeluarkan dari cetakan dan siap dipacking.

Seru juga mengikuti proses pembuatan coklat dari awal sampai akhir. Terima kasih untuk Ines dan Hendrika yang sudah menjelaskan dengan detail dan semangat mengajarkan saya.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED