Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 30 Mei 2017 14:50 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Danau Laut Air Tawar Takengon, Ini Danau Apa Laut?

Tamasyeah
d'travelers
Foto 1 dari 3
Danau Takengon
Danau Takengon
detikTravel Community -

Danau yang satu ini emang bikin bingung, namanya Danau Laut Air Tawar. Lokasinya ada di daerah Takengon, Tanah Gayo, beberapa jam aja dari Kota Bireun.

Bingung kenapa enggak sihh? Ya bingung saja, perairan danau ini luasnya seperti laut? Mau dibilang laut, tapi airnya enggak asin alias tawar dan mau dibilang danau tapi kok ya luas sekali.

Warga sekitar yang juga bingung pada akhirnya memberi nama Danau Laut Air Tawar. Pokoknya danau ini udah sukses melahirkan kebingungan di antara kita, rasa-rasanya lebih bingung dari mendengar cewek bilang terserah.

Kalau dilihat dari atas, pemandangan danau ini luar biasa. Asyik banget buat duduk-duduk sambil melamun. Misalnya melamun kalau sebenarnya tempat ini apakah danau atau laut. Kalau sudah muak melamun apakah ini danau atau laut, kamu bisa bermalas-malasan tanpa harus memikirkan apa-apa dan membiarkan waktu berjalan tanpa harus merasa terburu-buru sambil memandang barisan perbukitan di depan sana.

Karena nyatanya, cuaca di sini memang mendukung sekali untuk bermalas-malasan, yaitu sampai 20 derajat celcius. Yah, hampir separuh cuaca Jakarta kalau lagi panas terik kali ya? Maklum saja kalau cuaca di sini dingin, soalnya memang lokasi danau ini di atas dataran tinggi Gayo.

Sampai-sampai banyak orang yang menyebutnya sebagai danau di atas awan. Di danau ini terdapat ikan khas yang bernama ikan depik. Bentuknya agak mirip seperti ikan teri tapi lebih besar. Rasanya enak sekali saat digoreng karena kriuk dan gurihnya bikin nagih.

Apalagi kalau dimakan sama nasi hangat dan sambel cabai hijau. Terus setelah makan, minumnya kopi gayo yang legendaris itu sambil menikmati pemandangan Danau Laut Tawar dari atas dan ditemani semilir angin sejuk khas pegunungan. Pokoknya terbaik deh. Tapi, semua kenikmatan itu akan sirna saat kamu kembali teringat akan kebingungan yang dihadirkan Danau Laut Air Tawar ini, jadi ini sebenernya danau apa laut sih?

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED