Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 10 Jul 2017 14:36 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Jepang Punya Aneka Vending Machine yang Menggemaskan

IB Prasetyo
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Vending machine yang menjual jus, kopi, oden, kare dan buku
Vending machine yang menjual jus, kopi, oden, kare dan buku
detikTravel Community - Kalau di Indonesia hanya terdapat vending machine minuman. Jepang punya aneka vending machine yang menggemaskan!

Kalau kamu berlibur ke Jepang, jangan heran dengan yang namanya vending machine. Hampir di setiap sudut jalan, setasiun, gedung (sekolah, rumah sakit, hotel) kamu bisa menemukan vending machine.

Baik di kota besar maupun di pelosok hampir pasti ada yang namanya vending machine. Pokoknya enggak susah kok mencarinya, dalam radius beberapa puluh meter dari tempat kita berdiri.

Menurut data statistik tahun lalu, di seluruh Jepang ada sekitar 5 juta vending machine. Jumlah penduduk Jepang sekarang sekitar 126 juta jiwa.

Jadi secara kasar setiap 25 penduduk dilayani oleh 1 vending machine. Orang Jepang memang tidak suka sesuatu yang ribet dan makan waktu.

Barang-barang yang dijual juga bermacam-macam. Yang terbanyak adalah minuman, dan biasanya dalam satu vending tersedia minuman yang dingin serta panas. Minuman panas akan menjadi berkurang kalau bukan musim gugur atau dingin.

Kemudian ada pula vending makanan, mulai dari mie, roti, oden,sayuran, telur, beras, dan lainnya. Juga barang-barang lain seperti kaus, jam, oleh-oleh dan pernak-pernik lainnya.

Hampir semua karcis kereta api sekarang sudah memakai vending. Lalu karcis masuk ke tempat hiburan juga sudah banyak yang beralih ke vending, karena mungkin lebih murah ongkos membuat vendingnya daripada untuk menggaji orang untuk menjual tiket.

Bentuk dari vending machine juga bermacam-macam. Di Jepang banyak kota/prefektur yang mempunyai character khusus. Terutama di tempat-tempat wisata seperti kuil, istna dan sebagainya.

Kita bisa menemukan vending dihiasi bermacam-macam karakter tersebut. Tentunya karakter dari anime yang memang menjadi trade mark Jepang juga banyak kita temukan, contohnya di Akihabara.

Tempat untuk menaruh vending juga bervariasi. Contohnya di setasiun kereta, kita bisa menemukan vending yang bisa mengatasi kejenuhan kita menunggu kereta.

Ada beberapa stasiun yang menyediakan vending machine yang berisi buku. Selain bisa mengatasi kejenuhan menunggu kereta, buku juga bisa dibaca dalam perjalanan ke tempat tujuan.

Ada juga vending ice cream atau noodle, untuk sekedar menghilangkan rasa haus atau lapar sebelum makan besar seperti makan siang atau akan malam. Terkadang bentuk dari vending bisa menghilangkan rasa capek karena kita banyak liat hape atau stress dalam perjalanan.

Di beberapa stasiun juga ada vending machine yang bikin segar karena bercorak natural. Tambahan, tempat buang bekas kaleng atau botol yang menyatu dengan vending artistik banget, dibuat seperti kandang.

Yang pasti jangan salah memasukkan bekas botol atau kaleng minumanya. Karena lubang yang betul itu lubang yang ke dua dan ketiga dari bawah. Selebihnya cuma hiasan.

Seiring dengan kemajuan teknologi dan dengan turunnya harga komponen elektronik, maka semenjak beberapa tahun yang lalu, ada beberapa vending yang sudah menggunakan touchscreen. Bagi kita pengguna gadget touchscreen smartphone, game, dan lainnya tentunya sudah tidak asing lagi karena dia sudah merupakan bagian dari kehidupan sehari2.

Untuk pembayarannya bisa menggunakan e-money, sehingga kita cukup menempelkan kartu atau handphone/smartphone yang sudah ada fungsi e-money-nya. Pembayaran dengan e-money juga bisa di beberapa vending yang belum touchscreen.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Kebun Binatang Mini ala Ancol

Senin, 23 Okt 2017 09:30 WIB

Selain wahana permainan, Ancol juga punya wisata edukasi tentang binatang. Berada di Faunaland, kamu bisa belajar tentang hewan-hewan langka dunia.