Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 18 Jul 2017 11:43 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Wisata Kuliner Khas Aceh: Sate Matang

Muhammad Catur Nugraha
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Satu porsi sate matang terdiri dari sate, kuah kacang dan kuah soto yang gurih
Satu porsi sate matang terdiri dari sate, kuah kacang dan kuah soto yang gurih
detikTravel Community - Mendengar kata Aceh, pasti kamu akan ingat Mie Aceh. Padahal Aceh punya kuliner khas lain yang bisa kamu temukan di pinggir jalan, Sate Matang.

Diberi nama Sate Matang bukan berarti sate yang sudah masak, namun dinamakan seperti itu karena awal mulanya sate ini diperkenalkan oleh penjualnya di Kota Matang Geulempang Dua, sebuah kota kecamatan di Kabupaten Bireuen.

Saat ini penjual Sate Matang dapat dengan mudah dijumpai seantero Aceh bahkan hingga ke Medan Sumatera Utara. Daging yang digunakan untuk sate ini pada awalnya ialah daging kambing, namun seiiring berjalannya waktu banyak juga penjual yang menggunakan daging sapi

Saya berkesempatan mencicipi sate khas Aceh ini di tengah perjalanan dari Banda Aceh menuju kota kelahiran istri saya, Lhokseumawe.

Sebelum tiba di Lhokseumawe, Ayah mertua saya mengajak santan siang di salah satu kedai yang menyediakan menu Sate Matang. Kepulan asap dari tusuk sate yang sedang dipanggang menyambut kami.

Sekilas Sate khas Aceh ini hampir mirip dengan sate di Indonesia pada umumnya, namun dalam segi penyajian dan rasanya sangat berbeda dan sangat khas. Bumbu yang digunakan untuk Sate Matang lebih banyak memakai rempah dibanding sate biasanya.

Proses pengolahan Sate Matang hampir sama dengan pengolahan sate pada umumnya. Namun sebelum dibakar, potongan daging-daging sebelum ditusuk terlebih dahulu ditaruh di dalam wadah untuk direndam ke dalam bumbu, sehingga bumbunya bisa lebih meresap.

Sate Matang tidak hanya disajikan dengan bumbu kacang saja, namun juga selalu disajikan dengan nasi dan kuah soto yang rasanya seperti kari.

Untuk kuah sotonya biasanya menggunakan kaldu kambing yang dimasak dengan bumbu khusus. Di dalam kuah soto ini ada potongan kentang dan daging. Kuah soto ini rasanya gurih banget.

Perpaduan antara rasa sate dan kuah soto yang gurih menghasilkan sensasi rasa yang khas dan sangat memanjakan lidah. Satu tusuk Sate Matang yang telah dicicip dijamin bakal bikin ketagihan dan tanpa terasa seporsi sate semuanya telah berpindah ke dalam isi perut.

Jadi bagi anda pecinta kuliner yang sedang jalan-jalan di Aceh, wajib coba makanan ini, Sate Matang!
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED