Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 18 Jul 2017 10:33 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Api Abadi Jawa Tengah: Mrapen

Neny Setiyowati
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Api Abadi Mrapen
Api Abadi Mrapen
detikTravel Community - Saat liburan ke Jawa Tengah, jangan lewatkan fenomena alam yang satu ini, Api Abadi Mrapen. Tak bisa mati, konon api ini peninggalan Sunan Kalijaga.

Kabupaten Grobogan,Jawa Tengah memang memiliki fenomena alam yang mengesankan. Salah satunya adalah Api Abadi Mrapen yang nyala apinya selalu abadi tidak pernah padam sekalipun diguyur hujan deras dan angin kencang.

Pada kesempatan mudik kali ini saya bersama keluarga tidak melewatkan kunjungan ke obyek wisata ini. Lokasinya mudah sekali di jangkau, berada di pinggir jalan raya Semarang-Purwodadi, tepatnya di desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan. Pada libur lebaran ini karcis parkir mobil yang kami bayarkan seharga RP. 10 ribu. Selainnya itu tidak ada tiket masuk lagi.

Sesuai dengan namanya Api Abadi Mrapen memiliki nyala api yang tidak pernah padam. Hal ini merupakan fenomena geologi alam berupa keluarnya gas alam dari dalam tanah yang tersulut api sehingga menciptakan api yang tidak pernah padam sekalipun hujan deras turun.

Banyak kegiatan besar mengambil api dari Api Abadi Mrapen sebagai sumber obornya seperti pesta olahraga bertaraf nasional dan internasional seperti PON,SEA Games,Asian Beach Games. Tidak hanya untuk acara olahraga, obor upacara hari raya Waisak yang berpusat di Candi Borobudur juga mengambil Api Abadi Mrapen.

Fenomena alam lain yang bisa di temukan di obyek wisata ini adalah adanya kolam yang airnya selalu mendidih tapi tidak panas.

Terlihat keruh tapi ketika dimasukkan ke dalam gelas berubah menjadi bening. Anehnya dari gelembung air yang mengambang apabila disulut api akan menyala diatas permukaan air.

Kemungkinannya air tersebut mengandung mineral dan zat kimia. Kolam air ini disebut dengan Sendang Dudo yang dipercaya dapat mengobati penyakit kulit dan reumatik.

Selain itu terdapat juga Batu Bobot yang merupakan peninggalan Sunan Kalijaga pada abad 15 beratnya sekitar 20kg. Konon siapapun yang berhasil mengangkat batu tersebut akan tercapai keinginannya.

Terlepas dari segala keanehannya ternyata obyek wisata ini menyimpan cerita menarik berkaitan tentang Sunan Kalijaga. Cerita turun temurun yang berkembang di masyarakat setempat bahwa sumber Api Abadi Mrapen berasal dari tongkat yang ditancapkan ke tanah oleh Sunan Kalijaga yang menciptakan lubang dan kemudian menyemburkan api.

Demikian pula dengan kolam air Sendang Dudo, Sunan Kalijaga menancapkan tongkat di tempat yang berbeda. Kali ini yang keluar adalah air yang bersih dan jernih.

Hal ini terjadi pada tahun 1500-1518 Masehi ketika Kerajaan Majapahit berhasil ditaklukan oleh Kesultanan Demak Bintoro. Kesultanan Demak berupaya memindahkan Pendopo Kerajaan Majapahit untuk dijadikan serambi Masjid Agung Demak.

Upaya pemindahan Pendopo tersebut di pimpin oleh Sunan Kalijaga. Ketika memasuki wilayah Mrapen prajurit Sunan Kalijaga mengalami kelelahan dan kehausan. Karena tidak ada sumber air maka Sunan Kalijaga melakukan hal tersebut diatas.

Ketika akan melanjutkan perjalanan Sunan Kalijaga meninggalkan batu opak disekitar lubang api dan lubang air. Melihat hal itu salah seorang prajuritnya berupaya untuk mengambil batu tersebut namun dilarang oleh Sunan Kalijaga.

Beliau berwasiat bahwa pada suatu saat nanti batu tersebut akan bermanfaat. Batu opak tersebut tidak lain adalah Batu Bobot Sunan Kalijaga.

Cerita legenda yang beredar di masyarakat setempat membuat tempat wisata ini semakin menarik untuk di kunjungi. Apalagi dengan dibangunnya museum olahraga dan gedung olahraga di dalam komplek ini, membuat obyek wisata ini semakin ramai dan diminati pengunjung.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Foto: Ini Bingkai Apa Gedung?

Selasa, 12 Des 2017 23:20 WIB

Dubai memang punya beragam arsitektur yang membuat semua orang berdecak kagum. Kali ini, ada bingkai raksasa di tengah kota, yang akan mengejutkan siapapun!