Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 15 Jul 2017 11:20 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Weekend Seru di Taman Burung TMII

Muhammad Catur Nugraha
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Taman Burung di Taman Mini Indonesia Indah
Taman Burung di Taman Mini Indonesia Indah
detikTravel Community - Objek wisata yang berada di Jakarta Timur ini memiliki banyak wahana yang menggambarkan Indonesia. Salah satunya adalah Taman Burung.

Taman Burung berada di bagian belakang atau timur dari kawasan TMII, cara mudah untuk menemukannya ialah dari pintu masuk utama, anda cukup ikuti jalur monorail. Lokasi taman ini juga berdekatan dengan Museum PP IPTEK dan Museum Migas Graha Widya Patra.

Untuk masuk ke dalam Taman Burung, tiap pengunjung diharuskan membayar tiket masuk sebesar Rp 20.000.

Begitu masuk ke dalam area Taman Burung, Anda akan melihat taman yang sangat asri. Pohon-pohon yang rindang, serta terdapat kolam besar di tengahnya di mana kawanan bebek, angsa hitam dan burung pelikan bermain.

Penataan koleksi burung di taman ini berdasarkan zoogeografi atau pola sebaran binatang, sehingga koleksi Taman Burung TMII dibagi menjadi dua belahan, yaitu Kubah Barat dan Kubah Timur sesuai dengan garis Wallace.

Di Kubah Barat Anda bisa melihat burung-burung yang berasal dari Indonesia bagian barat, sedangkan di Kubah Timur terdapat burung-burung cantik berwarna-warni yang berasal dari Indonesia Bagian Timur.

Sayang, waktu kedatangan saya ke sana Kubah Barat sedang ada perbaikan. Jadinya saya hanya bisa memasuki Kubah Timur.

Sebelum masuk ke Kubah Timur, saya menyempatkan diri untuk mengelilingi taman. Pertama kali saya melihat sekawanan Bangao Tongtong (Leptoptilos javanicus). Burung rawa berukuran besar ini nampak seperti sedang tidak bersahabat. Rupanya saat itu mereka sedang menjaga anaknya yang baru saja menetas. Sebagian lainnya sedang membuat sarang.

Setelah mengelilingi taman, saya pun masuk ke dalam Kubah Timur. Karena masih pagi saya langsung disambut oleh kicauan burung-burung yang asyik sekali didengar.

Setiap langkah di Kubah Timur terasa sangat menyenangkan, saya bisa melihat langsung burung-burung cantik asal Indonesia Timur. Di pinggir kubah dibuat sangkar-sangkar yang menyimpan koleksi burung, tapi ada juga burung-burung yang dilepas begitu saja tanpa dimasukkan ke dalam sangkar.

Rasanya senang sekali mengunjungi Taman Burung TMII, saya dibuat terkagum-kagum akan kebesaran Tuhan menciptakan beraneka jenis burung. Taman ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mengajak anak-anak berkenalan dengan berbagai burung asli Indonesia.

Sekedar tips, bila ingin berkunjung ke Taman Burung TMII datanglah pada pagi hari. Saat pagi hari itulah burung-burung aktif berkicau dan terbang ke sana kemari mencari makanan. Selain itu tentunya suhu udara di pagi hari masih sejuk sehingga sangat nyaman berada di sini.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Foto: Shinkansen Made In China

Sabtu, 23 Sep 2017 23:15 WIB

China punya kereta 'Shinkansen' baru bernama Fuxing. Kereta cepat ini mampu melaju dengan kecepatan 400 Km/jam. Traveler mesti coba kalau liburan ke China.